Apa Itu Design Produksi?


“Menjawab beberapa pertanyaan dari mereka yang tengah menekuni bidang broadcast tv, sebagian mereka bertanya tentang Design Produksi itu apa?”

Saya akan mencoba menjelaskan apa itu design produksi. Yang perlu Anda ketahui bahwa praproduksi merupakan tahapan kerja terpenting utama dalam setiap produksi program acara televisi, film, juga karya visual lainnya, baik fiksi ataupun non fiksi. Sebuah produksi karya visual akan mampu berjalan lancar sukses karena berangkat dari persiapan produksi (praproduksi) yang mantap. Setiap permasalahan teknik dan nonteknik harus lebih dulu diselesaikan pada tahap praproduksi (pre-production).

Tak ada aturan yang pasti bahwa berapa lama tahap praproduksi dilakukan, itu semua tergantung dari jenis karya visual yang akan Anda garap. Dalam tahap ini segala kebutuhan dan persoalan administratif maupun kreatif disiapkan secara mantap. Dalam format acara tv nondrama seperti: dokumenter, dokumenter tv, feature dan dokumenter seri televisi, tahap praproduksi lebih ditekankan menyita waktu untuk riset.

Pada tahapan ini pula seorang broadcaster harus mampu membuat proposal produksi atau design produksi. Design produksi adalah tahapan awal atau tahapan yang menyangkut keseluruhan rencana konsep visual yang akan dibuat dan merupakan panduan bagi semua kru, agar semua kegiatan/aktifitas yang diperlukan berjalan efektif dan efisien. Dengan kata lain design produksi adalah konsep praproduksi-produksi-pascaproduksi sebagai panduan bagi seluruh kru. Sedangkan fungsi design produksi adalah sebagai berikut:

  • 1. Untuk mengetahui apa saja kegiatan yang akan dilakukan guna mewujudkan/ membuat/produksi disain produksi menjadi karya visual. 
  • 2. Memberikan patokan kegiatan bagi setiap unit produksi dalam melakukan kegiatan produksi. 
  • 3. Menjadi rujukan dalam menetapkan jumlah tenaga (crew) – rekruitmen kru –. 
  • 4. Rujukan dalam menetapkan waktu. 
  • 5. Rujukan dalam menghitung budget/anggaran. 
  • 6. Dan lain sebagainya. 


Di dalam praproduksi Anda harus menyiapkan antara lain :
Menyusun atau membuat kru inti
  • Membuat jadwal (scedhule) produksi 
  • Menentukan lokasi dan mensurvey 
  • Cek kelengkapan (make sure) 
Merancang program acara tv adalah bagaimana Anda menyiapkan segala sesuatunya dari praproduksi-prduksi-pascaproduksi hal ini bertujuan agar program tv yang Anda garap tidak ngawur alias tidak nyambung.

Design produksi adalah tahapan awal atau tahapan yang menyangkut keseluruhan rencana konsep visual yang akan dibuat dan merupakan panduan bagi semua kru, agar semua kegiatan/aktifitas yang diperlukan berjalan efektif dan efisien. 

oleh
Anton Mabruri KN

0 komentar: