meta keyword --->

Wednesday 15 February 2012

PENGERTIAN BROADCASTING TV



BROADCASTING ITU APA?
Broadcasting secara umum dapat diartikan sebagai siaran atau penyiaran. Di awal tahun 2000-an industri broadcasting mulai berkembang di Indonesia secara signifikan walaupun wadah/peluang untuk orang-orang broadcasting sampai saat ini belum terlalu banyak. Tetapi jangan khawatir Junior Broadcaster Indonesia, Anda-lah tumpuan bangsa ini. Hari ini saja puluhan tv lokal beserta partner bisnisnya yakni PH (Production House) dan Agency mulai banyak berdiri artinya peluang Anda untuk berkarya terbuka lebar. Hari ini pula, menjadikan broadcasting satu bidang ilmu pengetahuan yang sebenarnya bukan hal yang baru tetapi menjadi sesuatu yang sangat baru. Indikasinya adalah ada berbagai kalangan yang tidak mengerti apa itu broadcasting bahkan ketika penulis menanyakan langsung kepada masyarakat umum mereka hanya bengong. Lucunya lagi ada yang berpendapat bahwa broadcasting itu orang-orang yang suka mengadakan casting untuk film, walaupun itu adalah bagian dari tugas seorang broadcaster (sebutan orang yang berkecimpung di bidang broadcasting). Toh, pada akhirnya industri broadcasting menjadi industri yang sangat menjanjikan, sebab broadcasting akan terus berkembang seiring perkembangan zaman.

Sebenarnya manusia sejak dulu telah mengenal apa yang disebut dengan radio dan televisi, tetapi sebagian dari mereka ada yang tidak paham bahwa televisi dan radio adalah produk atau sarana utama untuk broadcasting meskipun belakangan seiring berkembangnya zaman internet, HP, TV Wall dan jaringan-jaringan multimedia juga termasuk sarana penyiaran (broadcasting). Artinya batasan broadcasting tidak hanya ada pada radio dan televisi.

BROADCASTING SECARA UMUM
Menurut disiplin ilmu komunikasi, broadcasting adalah cabang dari ilmu komunikasi yang berhubungan dengan penyiaran. Di dalam broadcasting sendiri sebenarnya yang paling dominan dikaji adalah bagaimana membuat konten sebuah siaran mulai dari praproduksi-produksi-pascaproduksi, jadi bukan hanya belajar secara teori saja namun di broadcasting mempelajari praktik bagaimana membuat sebuah tayangan/konten yang menarik dan enak dilihat atau didengar, atau menurut teori ilmu komunikasi, bagaimana pesan yang disampaikan sampai kepada khalayak ramai/umum. Karakteristik broadcasting antara lain: memberi informasi, mendidik dan menghibur.

Broadcasting secara harfiah adalah proses pengiriman sinyal/pesan ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio, televisi, komunikasi data pada jaringan dan lain sebagainya.

Sedangkan menurut UU Penyiaran No. 32 tahun 2002 penjelasan tentang dunia broadcast terbagi menjadi 2 yakni siaran (broadcast: kamus bahasa inggris) dan penyiaran (broadcasting: kamus bahasa inggris) yang masing-masing memiliki definisi sendiri-sendiri.

Siaran adalah pesan atau rangkaian pesan dalam bentuk suara, gambar, atau suara dan gambar atau yang berbentuk grafis, karakter, baik yang bersifat interaktif maupun tidak, yang dapat diterima melalui perangkat penerima siaran. Penyiaran adalah kegiatan pemancarluasan siaran melalui sarana pemancaran dan/atau sarana transmisi di darat, di laut atau di antariksa dengan menggunakan spektrum frekuensi radio melalui udara, kabel, dan/atau media lainnya untuk dapat diterima secara serentak dan bersamaan oleh masyarakat dengan perangkat penerima siaran. 

SEKILAS BROADCASTING TELEVISI
Gambar televisi pertama muncul pada tahun 1920 di Amerika serikat, sedangkan bentuk pesawat televisi pertama muncul di sebuah pameran New York World’s Fair di tahun 1939 dengan ukuran tv 8 x 10 inch. Sistem televisi elektris sendiri diciptakan oleh Vladimir Katajev Zworykin dan dikembangkan lagi pada tahun 1930 oleh Philo T. Fransworth. Jika dilihat dari sejarahnya dunia broadcast tv yang berkembang pesat tentu memang adalah Negara Amerika dan Negara-negara Eropa sampai hari ini.

Namun munculnya TV swasta di tahun 1990-an di Indonesia membuat kebijakan pemerintah mengenai televisi berubah secara mendasar, dimana monopoli siaran televisi tidak terulang kembali. Kini sejak era siaran tv swasta semarak perkembangan dunia broadcasting tv pun semakin maju terutama di pertelevisian Indonesia yang jika disimpulkan tv di Indonesia terbagi atas empat yakni: Televisi Negara/ Pemerintah, Televisi Swasta, Televisi Komunitas, Televisi Berlangganan. Keempatnya mempunyai potensi untuk berkembang dan menjadi sarana penyampaian informasi, hiburan dan pendidikan. Namun demikian setiap televisi mengadakan siaran dengan berbagai macam jenis program acara baik drama, nondrama dan news. Di tahun 2003 secara serentak tv swasta nasional bermunculan, hal ini tentu membutuhkan program acara yang semakin banyak pula. Nah, pola inilah yang membentuk dituntutnya tenaga-tenaga ahli (kreatif ) yang mampu membuat program acara televisi secara simultan dan kontinu, sebab televisi tanpa program acara tidak akan pernah ada siaran televisi.

Di samping itu televisi memilki karakteristik yang unik antara lain: pesan yang disampaikan untuk khalayak luas, heterogen dan tidak mengenal batas geografis ataupun kultural, bersifat umum, tidak ditujukan untuk pribadi, cepat, selintas, berjalan satu arah, terorganisasi, periodik dan terarah serta mencakup berbagai aspek kehidupan. Dibanding media lain seperti radio, surat kabar, majalah, buku dan lain sebagainya televisi memiliki sifat yang istimewa. Dimana televisi menggabungkan antara media suara (audio) dan gambar (visul), selain itu televisi bisa bersiafat: informatif (information), menghibur (entertainment), mendidik (education), politis (propaganda) atau bahkan gabungan keempatnya. 

[Dari Buku Penulisan Naskah Televisi Format acara Nondrama, News & Sport - Grassindo 2013 - Penulis Anton Mabruri KN ]

25 comments:
Write komentar
  1. Boleh Tanya bedanya produksi broadcast dan produksi film? kenapa harus ada UU Perfilman dan UU Penyiaran?

    www.sinematografer.org

    ReplyDelete
  2. Produksi broadcst maksudnya adalah produksi program acara tv bukan? produksi program acara tv dan film itu sama tapi tak serupa. Dilihat dari penggunaan alat produksi itu sama, walaupun ada perbedaan istilah seperti misalnya sutrdara. Ada sutradara tv juga ada sutrdara film keduanya sama-sama men-direct di lapangan. Film itu sudah pasti bisa menjadi bagian konten program acara tv, namun tidak demikian dengan program acara tv, tidak mungkin menjadi bagian dari isi bioskop/teater.

    Di web ini juga sudah pernah kami ulas perbedaan video, tv dan film silahkan search. Ya jelas UU film dan UU penyiaran tujuannya untuk mengatur film dan penyiaran, film sudah pasti menjadi media penyiaran tetapi penyiaran belum tentu film. Film juga merupakan cerminan budaya kemajuan suatu bangsa dan film itu murni karya seni, namun tidak demikian dengan penyiaran bisa seni bisa bukan. Tergantung si pembuatnya.

    ReplyDelete
  3. hemt...
    lg ada tugas nii,, suruh broadcasting tentang suka cita pramuka,buat lomba juga,,
    bisa bantu gag ?? :(

    ReplyDelete
  4. Salam Pramuka...
    Bantu untuk apa?

    ReplyDelete
  5. bro kalo ada kebutuhan buat broadcast equipment, kontek2 yahhh, skalian silaturrahmi.. http://http://globalbroadcastsupply.blogspot.com/, tq bro..

    ReplyDelete
  6. Baik Mas Bro... ini alamat kami Mind 8 Production Ruko Tran Depok Cyber Village No. R 26 Jl. KSU Kebon Duren Kalimulya Depok Jawa Barat Tel 021 29502660. ada nomor kontak yang bisa kami hubungi mas Johan...?

    ReplyDelete
  7. Basic yang perlu dipahami dlm pelajaran Broadcast itu apa ya?

    ReplyDelete
  8. Dear Lovepedia ID,
    Basic yang perlu dipelajari dalam broadcast adalah media itu sendiri. Media dalam hal ini adalah media tv dan radio (media elektronik) bukan media cetak. Itulah yang mebedakan antara multimedia dan broadcast, di broadcast tv prinsip dasarnya crew itu harus bisa membuat konten program tv di sana film (drama), dokumenter tv & feature (nondrama), reportase (news & sport).

    ReplyDelete
  9. Siang Gan..
    Mau tanya ni.. Untuk jurusan broadcasting sndiri itu yg tgasnya bisa dblkang kamera bkan? Sperti tim kreatif dll

    Mohon info nya gan..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  10. Dear Marinda,
    Broadcast atau broadcasting? Broadcast: Siaran dan kalau broadcasting: penyiaran.. silahkan baca kembali. Mungkin yang kaumu maksud adalah broadcast (siaran). Tim kreatif adalah bagian dari industri broadcast.. jug masih banyak yang lain seperti Penata Kamera, Penata Cahaya, Penata Artistik, Sutradara, Video Editor, Scriptwriter.. dan lain-lain. Kesempatan itu ada bisa kamu dapatkan jika kamu gabung di MIND 8 Course Ruko Tran cyber village No R 26 Jl. KSU Kebon duren kalimulya depok

    Salam
    mind 8

    ReplyDelete
  11. mas mo tnya nih, aku bru lulus taun ini, jurusan ilmu komunikasi s1 sama d3 broadcasting bedanya apa ya? bingung nih milih jurusannya, pengennya sih ntar kerjanya jd kameramen atau di blkg layar gtu..

    ReplyDelete
  12. Dear Gayus,

    Jurusan ilmu komunikasi kamu mau ambil apa dulu? cabang ilmu komnikasi itu banyak antara lain: advertsing, PR, dan Broadcasting di kampus lain bahkan lebih banyak. Kalau hanya ingin jadi kameramen PH cukup D3 tidak perlu sampai S1, tapi kalau ingin menjadi kameramen TV atau yang disebut VJ (Video Journalist) wajib S1 tidak bisa ditawar. Prasyarat lain juga mesti bisa Editing, Menulis, dan tentunya SOP Kamera.

    Di mind 8 course kamu bisa belajar ketiganya informasi lengkap ada di link ini http://mind8production.com/11-program-mind8pro-KURSUS.html

    Mind 8 Course
    Ruko Tran Depok Cyber Village No 26
    Jl. KSU Kebon Duren Kalimulya Depok Jawa Barat ( 500 M dari GDC - GRand Depok City / Kota Kembang)
    Tel. 021 2950 2660
    mind8prod@gmail.com
    www.mind8production.com

    salam
    mind 8 pro

    ReplyDelete
  13. Mau tanya gan, untuk Broadcast sendiri, orang yang di belakang layar ya gan?

    ReplyDelete
  14. Bisa dua-dauanya... mas, dibelakang layar bisa di depan layar bisa. Keduanya dipelajari.

    ReplyDelete
  15. boleh ikut tanya mas? silabus kurikulum 2013 untuk pengetahuan broadcasting dah ad mas? mhon di share ya mas. makasih

    ReplyDelete
  16. Mas saya mau tanya.. apa aja si yg harus di pahami di bagian cameraman..
    saya murid SMK Ghama Caraka Jln.Grogo. kota depok.
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  17. Mas Yakob, datang ke kantor langsung saja... di
    MIND 8 COURSE Ruko Tran Depok Cyber Village No. 26 (500 M dari GDC)
    Jl. KSU Kebon Duren Kalimulya Depok, atau telpon ke nomor salah satu ini Tel. 021 2950 2660 [0813 8154 2604 | 0816 1729 4476 | 0878 8572 3056 | 081514337380].

    ReplyDelete
  18. Jurusan broadcasting itu dimana ya adanya? Ada yg S1 apa tdk? Bedanya sama jurusan broadcashting sama ilmu komunikasi apa ya?

    ReplyDelete
  19. mau tanya gimana sih pola siaran dan karakter dri tv broadcasting

    ReplyDelete
  20. Ass bang.
    Ane mau nanya. Kalo di broadcasting ini basic yg harus kita pegang apa? Soalnya ane mau masuk jurusan broadcasting. Ane lulusan SMK jurusan Multimedia.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Piceee,

      kalau ditanya pegang apa? kamu bisanya apa? Waktu di SMK MM kamu lebih banyak belajar materi apa saja? ini perlu jelas dulu, ada banyak SMK MM tapi sistem pembelajaran yang mereka lakukan tergantung Guru yang mengajar. Jika gurunya pandai kamera maka yang dipelajari lebih banyak syuting. Tapi jika Gurunya pandai di design pun sama akan banyak belajar design. Lebih lengkapanya apa beda Multimedia dan Broadcast baca link ini http://mind8pro.blogspot.co.id/2015/05/perbedaan-broadcast-bc-dan-multimedia.html

      Salam Broadcast

      Delete
  21. bang saya mau tanyaaaa,saya mau masuk broadcasting tp saya mau jadi di bagian presenternya (depan layar) itu namanya apa ya bang? trus saya juga mau masuk situ,tp saya gaada basic apa2 hikksss;((...itu gimana bang?? apakah bakal kesusahan nanti?? tp kemauan saya jd presenter besar hehehe makasih bangg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Ayu,
      Namanya television talent, orang yang mempunyai bakat untuk tampil di layar televisi. Basiknya ya harus berani dan memang punya bakat, biasanya kalau belum punya dasar pasti kesusahan. Tapi kesusahan itu bisa diatasi kalau niat dan sering berlatih. Juga jangan takut ikut casting di setiap kesempatan yang ada. Coba kamu hubungi no WA Official MIND 8 Pro 0878 8997 8001 lagi ada Casting tuh..

      Delete
  22. Format broadcast televisi itu apaan ya?

    ReplyDelete
  23. Bro mau nanya nih. Klo broadcasting radio minimal harus serjana gak?

    ReplyDelete

Kamu tertarik dengan dunia BROADCAST TV, FILMMAKING, CONTENT CREATORS, MULTIMEDIA, dari kami?
Klik Subscribe untuk update !