meta keyword --->

Saturday 1 September 2018

Kawah Putih Ciwidey, Bandung

Pesona Kawah Putih tidak pernah berhenti memukau siapapun yang mengunjunginya. Kawasan wisata alam yang terletak di Ciwidey, Kabupaten Bandung itu tidak pernah sepi pengunjung dan selalu menjadi salah satu destinasi yang wajib ditemui di antara deretan tempat wisata alam lainnya di Ciwidey.

Dikelilingi oleh kebun teh Walini yang indah dan terawat, disertai dengan suasana yang tenang dan segar amat memikat siapapun yang berlibur ke daerah ini. Kawah putih sendiri merupakan kawah bekas letusan gunung patuha di sekitar abad 10.

Pada mulanya, area kawah putih dikenal sebagai area angker oleh masyarakat setempat. Namun seorang ahli berkebangsaan belanda, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pada tahun 1837 menyelidiki tempat ini dan menemukan adanya kawah berwarna putih dan indah.

Sejak saat itulah area kawah putih mulai dikenal. Dimuali tahun 1087, area ini dikelola oleh pemerintah menjadi Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung.



Lokasi Kawah Putih
Kawah putih terletak di daerah Bandung selatan, setelah Ciwidey. Terletak kira-kira 50 KM dari pusat kota Bandung. Cara menuju kawah putih cukup mudah, dan banyak terdapat rambu menuju ke sini. Jika dari Jakarta, anda cukup masuk ke tol cipularang dan keluar di gerbang tol Kopo. Dari sana belok kanan menuju ke arah soreang – ciwidey – ciwidey selatan.

Jika menggunakan kendaraan umum, anda dapat menggunakan angkutan dari terminal leuwi panjang – terminal ciwidey, lalu disambung dengan angkot terminal ciwidey – situ patenggang, dan berhenti tepat di gerbang masuk kawah putih.

Saat ini, untuk pengguna bis wisata dan motor diwajibkan untuk parkir di area parkir bawah, dan menuju ke lokasi kawah dengan menggunakan angkutan khusus ontang-anting berkapasitas 12 orang. Angkutan ini khusus mengangkut pengunjung dari parkir bawah sampai ke area kawah. Jika menggunakan mobil pribadi, anda bisa langsung parkir di area parkir atas namun harus membayar jauh lebih mahal ( Rp 150.000, parkir mobil di bawah Rp 6000 ).


Tarif Tiket Masuk dan Parkir 
Pengelola Kawah Putih telah menetapkan tarif parkir untuk kendaraan yang mengunjungi kawasan tersebut. Tarif parkir untuk kendaraan roda 4 adalah Rp 6.000, roda 2 Rp 5.000, dan Rp 25.000 untuk roda 6.

Harga parkir tersebut berlaku untuk parkir bawah, atau parkir di area sebelum pintu masuk Kawah Putih. Untuk parkir atas atau masuk hingga ke area atas dekat lokasi Kawah Putih, diperkenankan hanya untuk kendaraan roda 4 dengan membayar tarif Rp 150.000.

Dermaga Ponton
Membayar tiket masuk seharga Rp 17.000 (untuk wisatawan lokal), ternyata tidak termasuk untuk menikmati dermaga ponton yang ada di dalam Kawah Putih. Dermaga Ponton merupakan sebuah jembatan apung di tengah danau Kawah Putih, yang dapat digunakan wisawatan untuk berfoto. Jika Anda ingin menikmati dekorasi tambahan yang dibangun pihak pengelola tersebut, persiapkan untuk kembali untuk merogoh kocek sebesar Rp 10.000 yang dibayar di tempat. Di samping jalan masuk dermaga ponton tersebut, sudah ada petugas setempat yang berjaga-jaga.


Namun tidak berfoto di dermaga ponton dijamin bukan sebuah kerugian. Karena Kawah Putih pada dasarnya sudah sangat indah untuk dinikmati dari berbagai sudut, tanpa perlu ditambah dekorasi-dekorasi buatan.




Pastikan anda membeli tiket resmi bukan melalui calo. Banyak oknum-oknum yang mencari keuntungan pribadi dari banjir wisatawan yang ingin menikmati pemandangan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha itu.


Fasilitas yang tersedia
Lokasi kawah putih mempunyai fasilitas yang sudah cukup lengkap meliputi ;
  1. area parkir luas
  2. angkutan khusus menuju lokasi
  3. sarana toilet umum
  4. Mushala
  5. Cafe perhutani ( area parkir bawah)
  6. warung dan restoran ( area parkir bawah )

Penginapan Kawah Putih Bandung
Untuk anda yang berencana ingin menghabiskan lebih banyak waktu dan menginap, anda tidak perlu khawatir karena di sekitar lokasi banyak sekali penginapan yang juga menyediakan fasilitas akomodasi yang dapat anda sewa.  Beberapa penginapan yang dapat anda gunakan yaitu:
  • Cimanggu Cottage Ciwidey : Jalan Raya Ciwidey Km.13, Ciwidey
  • Saung Gawir: Jalan Raya Ciwidey Rancabali Km.05
  • Villa Patengan: Jalan Raya Ciwidey, Rancanbali, Patengan
Masih banyak lagi penginapan yang lain.

Dan ini sumber literasi foto-foto  kawah putih yang sangat indah itu : 






Gimanah indah bukan bahkan sangat indah, iya ini lah tanah air kita, INDONESIA tercinta tanah yg sejak dulu di jajah kalau bukan para pendahulu yg mengusir para penjajah mungkin kita tidak akan menikmati ini semua . sekarang yg harus kita lakukan adalah bersyukur dan menjaga seluruh kekayaan alam indonesia .

Terima kasih, Salam Traveller dan para pecinta alam 


Sumber Literasi : 
http://google.com


==================
Sebelum kami memposting  ulang tulisan ini, kami menelaah sejauh mana tulisan dari www.google.com
 ini ditulis. Sebelum itu kami mohon ijin berbagi tulisan ini kepada komunitas blogger kami, sebagai bentuk berbagi pengetahuan yang cukup penting. Terima kasih sebelumnya kami ucapkan. Salam


No comments:
Write komentar

Kamu tertarik dengan dunia BROADCAST TV, FILMMAKING, CONTENT CREATORS, MULTIMEDIA, dari kami?
Klik Subscribe untuk update !