TIPS: Cara Upload Video ke dalam YouTube dengan Kualitas HD

Perlu kita ketahui bahwa format H.264 adalah codec yang digunakan oleh sebagian besar video streaming seperti YouTube sekarang ini, meskipun ada juga codec lain yang digunakan seperti VP8 adalah jenis codec yang masih digunakan untuk kompatibilitas ponsel lama, dan codec yang lebih baru yang masih dalam proses pembangunan adalah VP9, yang menjanjikan untuk memberikan kualitas video yang lebih tinggi daripada H.264.


Perkembangan tersebut perlu terus di-update agar kita tak ketinggalan zaman di era teknologi ini, nah berikut adalah beberapa syarat yang harus Anda baca pada saat akan mengupload video ke dalam YouTube

Format Video yang Diterima oleh YouTube
Sebenarnya kita dapat meng-upload hampir semua jenis video ke YouTube, dari video yang baru diambil (di-shot) dengan kamera ponsel atau dengan kamera berjenis consumer hingga kelas professional. Berikut adalah daftar format video YouTube yang mendukung antara lain: MOV, MP4, AVI, WMV, dan banyak lainnya. Anda mungkin akan terkejut saat mengetahui bahwa YouTube bahkan dapat menerima format video berkualitas tinggi seperti ProRes, DNxHD dan terkompresi video HD 10-bit. Dengan catatan ketika meng-upload memerlukan waktu lebih lama.

Kualitas VS Upload Time (Lamanya Waktu Upload)
Jika kualitas video adalah prioritas nomor satu, maka silahkan dengan segala cara meng-upload kualitas video ProRes, DNxHD atau file video yang terkompresi HD. Walaupun kelihatannya kita akan mendapatkan artefak (baca: informasi data) video di YouTube lebih sedikit ketika kita meng-upload format video berkualitas tinggi, jika dibandingkan dengan file bit rate yang lebih rendah. Tapi sebenarnya satu-satunya perbedaan yang nyata adalah ukuran file. Yang ini akan berpengaruh pada proses penayangan atau streaming.

Ukuran file dan Durasi
Anda juga harus mempertimbangkan ukuran file dan panjang video Anda. Dengan account standar (baca: gratisan), video yang Anda upload ke YouTube tidak bisa lebih dari 15 menit. Jadi jika video Anda menginginkan lebih lama dari itu, Anda harus mendapatkan status terverifikasi (baca: berbayar), nah… mungkin cara lainnya adalah membagi video Anda menjadi potongan-potongan yang lebih pendek untuk kemudian Anda upload.

Mendapatkan Format Yang Benar
Setiap kali video yang kita upload tidak cocok dengan format YouTube, YouTube akan melakukan format konversi. Contoh paling sederhana adalah resolusi. Jika Format editing Anda sudah progresif dengan resolusi pixel square yang direkomendasikan, maka upload akan lebih cepat. Semisal mengekspor ProRes progresif 1080P, maka dengan mudah meng-upload. Jika Format editing Anda tidak cocok, misalnya, jika video Anda interlaced atau itu menggunakan aspek rasio pixel non-persegi (non-square) seperti DV. Misalnya PAL Square Pixel 768 X 576 Pixel, sedangkan Non Square Pixel 720 X 576. Frame size VHS atau VCD (Standar MPEG) menggunakan 320x240 (untuk VCD NTSC), sedangkan 352 X 288 pixel (untuk VCD PAL). maka Anda harus melakukan konversi format dengan mengekspor file video baru dengan benar.

Resolusi dan Pixel Aspect Ratio
Berikut beberapa pixel aspect ratio square saat Anda ingin meng-upload ke YouTube. Untuk SD 04:03 video, menggunakan resolusi 640x480. Untuk SD 16:09 menggunakan video layar lebar 854x480 , dan untuk video HD menggunakan 1280x720 (720p) atau 1920x1080 (1080p).

Deinterlacing
Video yang Anda upload ke YouTube harus progresif, bila kita menemukan video interlaced, pastikan untuk diubah deinterlace pada saat mengekspor. Misalnya, memilih kompensasi deinterlacing di Apple Compressor karena akan menghasilkan perbedaan signifikan dengan membutuhkan waktu lebih lama untuk ekspor, dan dapat menghasilkan hasil yang jauh lebih baik .

Bit Rate
YouTube tidak menetapkan batas bit rate untuk H.264. Mereka merekomendasikan 8.000 Kbps untuk video 1080P, atau 50.000 Kbps tapi hal ini dilakukan jika Anda memiliki koneksi jaringan yang bagus untuk meng-upload dan tak keberatan untuk menunggu.

Codec
Jika timeline video Anda ProRes dan itu interlaced, Anda tidak perlu mengekspornya ke H.264 . Sebaliknya, jika video tidak ProRes Anda dapat melakukan deinterlace ke file ProRes pada saat ekspor untuk menjaga kualitas gambar Anda. Mengapa harus format H.264? Satu-satunya alasan untuk mengekspor H.264 adalah karena kecepatan upload dan proses lebih cepat.

Software
Beberapa software seperti Adobe Media Encoder dan Compressor, Sorenson Squeeze, Handbrake, MPEG Streamclip, dan ffmpeg semua mampu untuk meng-encoding file H.264. Kebanyakan encoding software tersebut dilengkapi dengan preset YouTube yang berfungsi sebagai langkah awal untuk mengupload. Dan perlu diingat YouTube tidak menyediakan kualitas tertinggi untuk format H.264 bit.

Selamat Bereksperimen

oleh: Anton Mabruri KN 
Like : Anton Mabruri KN
Follow : @antonmabruri

20 comments:

  1. ok bang...
    trm ksh infox...,sangat berguna.

    ReplyDelete
  2. awesome artikelnya gan, jadi ngerti bagaimana upload video lumayan nambah ilmu gan :D
    thanks for sharing

    ReplyDelete
  3. Sayang sekali gan, gk ada link download untuk download software yang disebutin diatas :D

    ReplyDelete
  4. software yang kami sebutkan bukan terpisah atau dijual sendiri, itu sudah bawaan dari software editing video langssung dan bawaan dari komputer... adobe media encore itua bawaan adobe premiere, yang lain ada di FCP, Avid dan Edius :)

    ReplyDelete
  5. mantap nih kalau saya convert video biasanya pakai adobe premier ,tapi tadi barusan upload video kualitas 1080p eh yang bisa disetel cuma 360p diyoutube -__- padahl filenya 2gb lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kerena koneksi internet kita di indonesia bandwidh nya kecil jadi video yang kita ungguh dengn kulaitas 1080p akan terputar dengan kulaitas 360p. Tapi juga masih bisa di setting ko..

      Delete
    2. kasusnya sama kayak sokiyes nih, mohon pencerahan. . . .

      Delete
    3. gimana gan? udah tau belum caranya supaya bisa upload video dengan kualitas 1080p? kasusnya juga sama kyk agan, masalahnya wifi saya juga kurang cepat, hanya 2mbps

      Delete
  6. selamat siang mas. saya mau bertanya, saya baru saja upload video ke youtube tp video tersebut tidak dapat dibuka di sebaian hp dan hanya bisa di buka di laptop/pc dam dan sebagian hp lainya.

    apakah mas tau cara memperbaikinya ?

    ReplyDelete
  7. thanks, infonya mas brow, ada yang ingin ku tanyakan nie, yang di atas udah ku praktekkan, aku edit pakai ulead, semua udah seperti di atas size dan resolusinya, tapi pas udah di upload, tampilan di youtube, gak penuh mas ada garis hitam di tepinya, gi mana cara mengatasinya mas, thanks

    ReplyDelete
  8. Hallo mas Sastro, apakah sudah dicek semuanya yakinkan? biasanya kasus yang terjadi itu kesalahan aspect ratio. Mas pilih yang mana aspect ratio tv 4:3 atau cinema 16:9. YouTube merekekomendasikan cinema, Selamat mencoba

    ReplyDelete
  9. terima kasih atas tutorialnya http://mind8pro.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  10. makasih gan ilmunya...sangat bermanfaat bagi saya selaku pemula

    ReplyDelete
  11. Saya mau tanya, resolusi video saya sudah 1280x720 tpi kok diputar di youtube 360p, bagaimana supaya jadi 720p (HD) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya saya juga, video saya 1080p tpi pas ke upload malah jdi 360p. gmna nih cara nya?

      Delete
  12. Punya saya juga nih.. gambar nya malah jdi burem gitu

    ReplyDelete