meta keyword --->

Monday 15 October 2018

Tips Menggunakan Kamera Mirrorless

Memakai kamera mirrorless tidaklah bisa sembarangan. Untuk penggunaannya sendiri ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan, apa saja tips yang benar untuk menggunkan kamera mirrorless? Yuk kita simak sekarang.

1. Ingat Dengan Penggunaan Baterai
Baterai mirrorless
Umumnya kamera mirroless memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, berbeda dengan kamera lain pada umumnya. Karena ukuran tersebut kamera mirrrorless memiliki ukuran baterai yang lebih kecil dibanding kamera lain seperti DSLR. Selain itu pada kamera mirrorless umumnya memiliki fitur yang cukup menghabiskan daya baterai seperti fitur stabilizer, memiliki sensor yang cukup besar , fokus yang tinggi hingga viewfinder elektronik.

Hal tersebut tentunya mengharuskan kalian untuk membawa baterai cadangan. Selain itu memiliki kartu memori yang cepat juga akan berdampak kepada daya baterai yang lebih hemat.

2. Perhatikan Angle Saat Mengambil Gambar
Angle pada kamera mirrorless
Kenapa kalian memilih kamera mirrorles ? tentunya anda sudah mengetahui tujuan anda menggunakan kamera tersebut. Selain tujuan, juga kekurangan dan kelebihannya harus sudah anda ketahui terlebih dulu sebelum membeli sebuah Kamera mirrorless .

Berbicara tentang kekurangan Kamera mirrorless , kamera ini umumnya lebih lambat dalam melakukan jepretan dan memproses sebuah foto. Juga kamera ini memiliki kelemahan dalam menangkap foto untuk objek yang bergerak. Melihat kekurangan tersebut tentunya kita tidak bisa langsung mengambil sebuah gambar secara tiba-tiba ( berbeda dengan kamera DSLR). Hal tersebut dituntut agar kita lebih hati-hati dan bersabar saat akan mengambil gambar, apalagi gambar yang bergerak. Tetapkan tujuan/objek, amati pola gerakannya untuk mendapatkan sisi/gambar yang tepat, perhatikan angle yang cocok, baru kemudian ambil gambar di saat yang tepat.

3. Handstrap Merupakan Keharusan
Handstrap kamera mirrorless
Keamanan merupakan faktor penting yang juga harus kalian perhatikan, apalagi harga dari kamera mirrorless saat ini berharga hingga jutaan rupiah.

Gunakanlah handstrap agar menjaga kamera kalian tetap aman seperti tidak mudah jatuh. Selain itu, menggunakan handstrap akan memastikan kamera mirrorless anda selalu berada di tangan, tentunya hal ini akan menjadi lebih efektif dibandingkan kalian menaruhnya didalam tas (harus bolak-bali mengeluarkan kamera, sehingga kesempatan untuk mendapatkan momen terbaik bisa saja hilang).

4. Gunakan Cahaya Alami
Pencahayaan Pada Kamera
Saat akan mengambil gambar dengan kamera mirrorless, cari lokasi yang memiliki cahaya yang cukup. Sehingga sekalipun kalian berada di dalam ruangan, kalian tidak perlu terlalu mengandalkan flash, tapi cukup menggunakan cahaya alami ruangan tersebut agar nuansa foto yang dihasilkan tampak natural.

5. Atur ISO Sesuai Dengan Kebutuhan
Setting ISO
Menggunakan ISO yang tepat akan menghasilkan gambar yang berkualitas. Kalian bisa memilih pengaturan kamera mirrorless dengan kemampuan rentang ISO 100 – 51200 juga memudahkan pengambilan gambar tanpa flash. Tentunya gambar yang dihasilkan akan baik sekalipun dalam kondisi pencahayaan yang tidak maksimal.

Dengan melakukan pengaturan ISO berarti kalian mengatur kemampuan atau tingkat sensitivitas sensor kamera kalian dalam hal menyerap cahaya. Contohnya seperti ini , semakin tinggi nilai ISO yang anda atur pada kamera anda , maka akan semakin sensitive dan tinggi pula cahaya yang akan dihasilkan.

6. Menggunakan Bantuan Media Lain
HVS sebagai reflektor
Untuk menghasilkan gambar yang baik dan berkualitas, kalian dapat menggunakan media lain seperti kertas HVS. Kertas HVS dapat anda gunakan sebagai pengganti reflector ( sama seperti yang kita temukan di studio foto). Anda bisa meletakkan HVS di sisi atau samping objek yang akan kalian foto sebagai alat bantu memantulkan dan menyebarkan cahaya datang .

7. Efek Blur Atau Bokeh
Efek bokeh
Fokus terhadap satu bagian objek yang ingin ditonjolkan dengan menggunakan setting diafragma atau bukaan besar, misalnya f:2,8 atau f:3,5, akan menghasilkan foto dengan efek blur atau yang umum disebut dengan bokeh dramatis.

Perlu anda ketahui, detail ketajaman juga ditentukan kualitas sensor yang mumpuni.  Kamera mirrorless yang sudah dibekali sensor APS-C, atau ukuran sensor setara DSLR, dapat menghasilkan ketajaman foto dengan kualitas piksel yang lebih baik.

8. Memaksimalkan Tone Warna
Memaksimalkan tone warna
Ada beberapa objek yang terlihat bagus apabila menggunakan foto hitam putih, tapi ada juga objek yang baru bisa terlihat indah apabila kita menggunakan foto berwarna.

Kita ambil contoh apabila kita mengambil objek bunga-bunga yang berwarna warni. Agar tampilan warnanya bisa lebih maksimal anda dapat mengatur saturasi dan white balance agar warna yang dihasilkan tampak natural, tidak kekuningan atau kebiruan. Selain soal teknis, kamera mirrorless yang mampu mereproduksi warna secara baik juga menjadi faktor menentukan.

9. Berlatih, Berlatih Dan Terus Berlatih
Tips terbaik untuk pemula adalah selalu berlatih untuk mendapatkan gaya dan hasil terbaik. Tips ini tidak berlaku hanya untuk kamera mirrorless namun juga untuk semua kamera. Istilah bisa karena biasa memang berlaku untuk beraktivitas di dunia fotografi, karena apabila anda belum biasa, maka akan terasa sulit dan membingungkan.

Coba berbagai macam objek baik yang diam maupun bergerak, dengan latarbelakan yang berbeda-beda. Lakukan banyak eksperimen dan pahami lebih dalam bagaimana cara untuk menghasilkan gambar terbaik dari kamera kesaynagn anda .

Sumber Literasi : 
https://kliknklik.com/blogs/mengenal-seluk-beluk-kamera-mirrorless-dalam-30-menit/


==================
Sebelum kami memposting  ulang tulisan ini, kami menelaah sejauh mana tulisan dari www.kliknklik.com/ ini ditulis. Sebelum itu kami mohon ijin berbagi tulisan ini kepada komunitas blogger kami, sebagai bentuk berbagi pengetahuan yang cukup penting. Terima kasih sebelumnya kami ucapkan. Salam

No comments:
Write komentar

Kamu tertarik dengan dunia BROADCAST TV, FILMMAKING, CONTENT CREATORS, MULTIMEDIA, dari kami?
Klik Subscribe untuk update !