Tips & Trik Menjadi Desainer Grafis 2 - Pesan Mudah Ditangkap

Sebelum kamu berfikir tentang desain grafis, satu hal yang penting dipahami adalah perbedaan desain grafis dan komputer grafis. hal ini karena desain grafis terkait proses menggagas/mengkreasikan suatu pesan, sedangkan komputer grafis fokus pada alat yang mewujudkan gagasan desain grafis tersebut. Karenanya, orang yang pandai komputer grafis belum tentu menjadi desainer grafis. Begitu pula sebaliknya orang yang punya jiwa dibidang seni (khususnya desain grafis ) namun tidak menguasai komputer grafis, ia akan kesulitan mewujudkan konsep desain itu sendiri.

Jika ada diantara kamu ingin menjadi desainer grafis, JANGANLAH terburu-buru mempelajari beragam software grafis beserta efek-efek kerennya. hal ini, karena banyak desainer grafis pemula yang memakai efek dan berbagai pernak-pernik background yang tidak perlu. Akibatnya, pesan yang ingin disampaikan terhalangi oleh efek dan pernak-pernik tersebut dan desain pun menjadi terlihat norak (kurang serasi). Jadi, sebelum kamu mendesain, sangat disarankan untuk berpikir terlebih dahulu tentang konsep apa yang ingin ditampilkan.

Hal yang harus diingat dalam membuat karya desain grafis adalah, orang awam akan melihat desain kamu dalam selintas pesan tertangkap. Maksudnya, adalah umumnya orang hanya melihat sepintas suatu poster, leaflet, khususnya spanduk atau billboard hanya dilihat para pengguna jalan dalam waktu 1 detik. Hal ini karena pengguna jalan hanya fokus pada cara untuk sampai pada tujuan.

Meskipun media cetak seperti majalah, koran, atau buku termasuk media yang dapat dibaca kapan saja. pastilah bentuk cover dan tata letak media-media tersebut juga diperhatikan oleh pembaca. Untuk itu, saya tegaskan lagi sebelum membuat suatu karya desain grafis, berfikirlah terlebih dahulu tentang konsep desain apa yang cocok, sederhana, memiliki daya tarik atau eye chatching, dan pastinya menarik untuk dibaca.

Mind 8 Production for MIND 8 Course
More info :
Ruko Tran Depok Cyber Village No. R 26
Jl. KSU Kebon Duren Kalimulya Depok ( 500 M GDC - Grand Depok City )
Tel. 021 2950 2660
[Contact: 0813 8154 2604 | 0857 0262 5758 | 0815 14337380 | 0857 8158 8908]
e mail : mind8prod@gmail.com
FB : mind 8 corporation
TW : @mindpro
web : www.mind8production.com

0 komentar: