meta keyword --->

Saturday, 21 July 2018

Danau Koco di Belantara Jambi


Menemukan tempat dengan keindahan yang sangat mengagumkan, nuansa yang tenang dan menyegarkan pikiran mungkin menjadi agenda utama bagi para pecinta traveling atau jalan-jalan. Dari sekian banyak tempat yang indah mungkin anda pernah mendengar istilah tempat sureal, istilah sureal mengacu pada suatu hal yang terasa seperti imajinasi atau di luar kenyataan. Sehingga jika ada istilah tempat sureal maka istilah tersebut mengacu pada sebuah lokasi yang memiliki nuansa seperti di luar kenyataan atau lebih tepatnya seperti dalam cerita dan dongeng.

Beberapa tempat dikatakan sureal karena keadaan alamnya yang sangat mengagumkan dan tak terbayang bisa ada dalam kenyataan. Berbicara mengenai lokasi yang sureal dan liburan, maka sepertinya anda harus melihat sebuahlokasi yang terdapat di Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi bernama Danau Kaco.



Danau Kaco merupakan sebuah telaga atau danau yang terdapat di dalam hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dengan keindahan yang sangat memukai dan mengagumkan. Meskipun dengan luas yang terhitung sangat kecil tidak seperti kebanyakan danau lainnya, namun justru keindahannya sangatlah mengagumkan, mungkin Danau Kaco termasuk dalam salahsatu lokasi di dunia ini yang bisa disebut sebagai lokasi sureal. Kaco sendiri dalam bahasa daerah berarti kaca, di mana hal tersebut menggambarkan bagaimana keindahan danau tersebut dengan air yang teramat bening bahkan diibaratkan sebagai kaca.

Keindahan Danau Kaco seakan terselubung dan tersembunyi di balik lebatnya hutan. Sebagai gambaran awal sebelum anda benar-benar berkunjung, Danau Kaco memiliki air yang teramat bening dengan bias warna biru yang terlihat dari atas. Warna indah tersebut sangat kontras dengan keadaan sekitar yang penuh dengan pepohonan berwarna hijau alami. Beningnya air danau akan membuat anda dapat dengan leluasa melihat ikan yang berenang di dalam air dengan bebasnya, dengan jumlah sangat banyak dan terlihat dengan sangat jelas. Meskipun demikian hingga kini kedalaman danau ini masih belum dapat diketahui. Upaya penelitian masih belum diteruskan sebab menurut penelitian terakhir dasar danau masih belum bisa tersentuh dan terlihat meskipun pada saat itu oksigen dalam tabung yang digunakan oleh penyelam sudah habis.

Dengan keindahan yang sangat mengagumkan bak negeri dongeng, Danau Kaco juga tidak lepas dari sebuah mitos yang menyertai di mana danau tersebutmenjadi bening karena alkisah seorang putri yang teramat cantik pernah ditenggelamkan di danau tersebut bersama banyak sekali mahar yang diberikan oleh pemuda-pemuda yang berniat menikahinya karena keserakahan dari ayah sang putri yang bernama Raja Gagak.

Menikmati Alam Indah Danau Kaco yang Surealis

Menuju Danau Kaco mungkin bukan suatu hal yang mudah, sebab letaknya berada di dalam lebatnya hutan Taman Nasional Kerinci. Meskipun demikian justru hal tersebutlah yang membuat indahnya Danau Kaco menjadi semakin berarti dan layak untuk dinikmati, sebab anda harus berusaha dahulu berjalan dan treking melintasi rimbunnya pepohonan dan semak belukar sebelum menikmati ketenangan dan keindahan dari danau sureal yang satu ini. Mengunjungi Danau Kaco akan menjadi tantangan sendiri bagi para wisatawan, dan mungkin menjadi kesenangan tersendiri bagi anda yang berjiwa petualang dan penyuka petualangan.

Kegiatan utama yang bisa anda lakukan selama berwisata dan menangkan diri di sekitar Danau Kaco adalah berenang. Anda bisa menikmati kesejukan air yang alami dengan pemandangan bawah air yang terlihat dengan sangat jelas. Anda akan merasa berenang bersama banyak ikan dan pepohonan tumbang yang terlihat sangat jelas di dalam air danau. Setelah lelah berenang dan menyelami indahnya air danau bening ini anda bisa segera membuka perbekalan yang sudah anda siapkan. Menyantap perbekalan di pinggir danau biru nan bening ditemani suara-sura khas hutan yang alami akan menjadi rekreasi batin yang sangat menenangkan bagi anda.

Kegiatan lain yang tidak kalah menyenangkan adalah berkemah di samping danau. Dengan lokasi yang cukup luas dan terbuka di pinggir danau, anda beserta rekan perjalanan bisa membuka tenda sembari memandangi keindahan Danau Kaco yang akan teramat indah di malam hari. Perlu dikatahui jika Danau Kaco akan terlihat berkilau di malam hari bak berlian, terlebih jika anda mengunjungi Danau kaco pada saat bulan purnama di mana cahaya dan sinar dari bulan tersebut menyinari air danau dan kemudian dibiaskan menjadi warna biru yang teramat indah.
Keindahan Danau Kaco juga bisa menjadi objek menarik bagi anda penghobi kamera, sebab keindahannya sangat layak diabadikan dalam lensa kamera anda, untuk kemudian bisa ditunjukan kepada teman sahabat atau keluarga bahwa Indonesia memiliki keindahan yang tidak pernah ada habisnya dan bahkan bisa diibaratkan sebagai sebuah lokasi bak negeri dongeng.

Akses dan Transportasi Menuju Danau Kaco

Danau Kaco terletak di Desa Sempur, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Untuk rute perjalanan bisa dilihat sebagai berikut.

Perjalanan dimulai dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh dengan lama perjalanan mencapai 8-9 jam, dengan menggunakan kendaraan priabdi atau sewaan baik roda 2 ataupun roda 4.

Setelah mencapi Sungai Penuh perjalanan berlanjut menuju ke Desa Lempur yang menjadi titik masuk menuju Dananu Kaco. Lama perjalanan yang anda tempuh untuk mencapai Desa Lempur adalah 90 menit. Anda bisa menggunakan fasilitas minibus, namun perlu diperhatikan sebab bus hanya beroperasi hingga pukul 15.00 sore hari.

Dari Desa Lempur barulah anda bisa menuju Danau Kaco, di mana selama perjalanan anda akan menemukan 2 pos pemberhentian yang digunakan untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan yang terhitung cukup menantang ini. untuk perjalanan menuju Danau Kaco tergantung dari kemampuan dan ketahanan stamina anda selama perjalanan, biasanya dapat memakan waktu hingga seharian untuk dapat menjelajah lokasi ini.

Akomodasi Wisata Danau Kaco

Lokasinya yang berada di tengah hutan tidak memungkinkan adanya penginapan yang bisa melayani kebutuhan anda. Beberapa pilihan adalah anda bisa mendirikan tenda di sekitar pinggir danau atau anda bisa kembali ke Kota Sungai Penuh dan melakukan reservasi di beberapa hotel yang terdapat di sana dengan kisaran harga dari 110 ribu hingga 250 ribu.

Tips Berwisata

  1. Cobalah untuk menentukan waktu berkunjung yang tepat ketika memutuskan untuk berkunjung. Waktu berkunjung yang paling tepat adalah ketika tidak sedang musim hujan sehingga akses masuk tidak becek dan licin saat dilalui. Bagi anda yang hendak berkemah usahakan datang pada saat bulan purnama, di mana anda bia melihat air danau berkilau menjadi warna biru terang. Sangat mengagumkan.
  2. Usahakan menggunakan pakaian adventure dengan celana dan baju panjang dan sepatu gunung, hal tersebut untuk menghindari gigitan pacet yang banyak ditemui khususnya ketika kondisi jalanan becek. Pakaian terseut juga digunakan untuk melindungi badan anda dari goresan duri dan ranting panjang yang bisa melukai anda.
  3. Persiapkan fisik anda, dan pergunakanlah pos istrirahat dengan sebaik-baiknya sebab rintangan yang akan anda hadapi akan semakin berat menuju akhir. Di mana anda akan melintasi sungai yang cukup dalam dan di akhir akan melintasi jurang yang cukup curam, terjal dan dalam.
  4. Untuk kemudahan transportasi juga pemandu anda bisa menghubungi terlebih dahulu komunitas yang biasa memandu perjalan di Kerinci.




Lihat Gambar Danau Koco




Sumber Literasi : 
https://ketahui.com/menemukan-keindahan-tersembunyi-danau-kaco-yang-sebening-kaca-di-belantara-jambi


==================
Sebelum kami memposting  ulang tulisan ini, kami menelaah sejauh mana tulisan dari www.ketahui.com ini ditulis. Sebelum itu kami mohon ijin berbagi tulisan ini kepada komunitas blogger kami, sebagai bentuk berbagi pengetahuan yang cukup penting. Terima kasih sebelumnya kami ucapkan. Salam

No comments:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !