SMK BROADCAST PERTELEVISIAN MENJADI PILIHAN


Memasuki era tahun 2000-an, inilah merupakan sejarah awal dunia broadcast pertelevisian berkembang pesat hingga kini, penandanya adalah ditahun itu beberapa stasiun televisi swasta muncul. Tak banyak yang tahu bahwa akhirnya dunia broadcast televisi menjamah dunia pendidikan kita, tahun 2002 beberapa pendidikan setingkat Akademi Komunikasi berjurusan broadcasting muncul namun peminatnya tak sebanyak sekarang. Jika dilihat dari rentetan sejarahnya maka pencetus pertama broadcasting televisi adalah IKJ (1981) yang dulu bernama LPKJ (25 Juni 1976) meskipun pada awal kemunculannya adalah adanya jurusan sinematografi dibawah fakultas Fakultas Seni Rupa dan Disain, sejarah terus berubah dan pada awal tahun 1990-an justru jurusan film & televisi menjadi fakultas tersendiri. Broadcasting televisi terus berkembang sangat cepat di tahun 2002 Akademi Komunikasi BSI pun membuka jurusan spesialis broadcasting dengan pembidangan broadcasting radio dan televisi. Sampai menjamah ke Perguruan Tinggi yang lain pun ikut mendirikan jurusan broadcasting pertelevisian.

Tak mau kalah dengan PT (Perguruan Tinggi), di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan pun muncul jurusan broadcast pertelevisian tepatnya di tahun 2003, munculnya SMK Broadcast tv di Indonesia merupakan fenomena tersendiri, kehadirannya seperti dianaktirikan. Tetapi kini menjadi tren tersendiri bagi kalangan remaja yang baru saja menamatkan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) atau bagi mereka para pelajar yang sudah memasuki SMA/MA. Animo mereka sangat besar untuk memasuki dunia broadcasting pertelevisian. Lengkap sudah jurusan yang satu ini dari jenjang SMK hingga Perguruan Tinggi sudah terwakili. Tentulah perkembangan ini harus segera disikapi secara cepat agar mereka para peminat broadcast pertelevisian menjadi broadcaster-broadcaster handal (profesional) di bidangnya. Dan agar cita-cita pendidikan terarah serta tujuan ”mencerdaskan kehidupan bangsa” ini tercapai. Tak hanya itu, hal ini juga merupakan bagian dari membentuk para profesional broadcast tv yang mampu mengkritisi zaman dan menegakkan nilai-nilai kearifan lokal. Secara tidak langsung kontrol konten penyiaran akan terbentuk sendiri.  Serta kalak mampu mengembangkan ekonomi kreatif dikalangan pelajar yang diterapkan sejak dini yang mampu menghasilkan jiwa wira usaha (enterpreunership). 

Dunia siaran sendiri memiliki peran besar dalam mendukung terbentuknya civil society Indonesia yang kuat. Dunia atau media siaran (elektronik dan cetak) memiliki fungsi sebagai pilar ke empat demokrasi. Selain itu, ia juga merupakan alat penyampai informasi ke dan dari masyarakat kepada khalayak (mass media) secara efisien dan efektif. 

Untuk mencapai sasaran yang terarah dan pasti pengembangan SMK Broadcast Pertelevisian harus terpadu dan terarah. Dengan fokus pembelajarannya adalah meliputi 8 bidang mata diklat yakni:
  1. Fotografi
  2. Manajemen Produksi
  3. Penulisan Nasakah TV
  4. Videografi (Tata Kamera dan Tata cahaya)
  5. Tata Artistik
  6. Penyutradaraan
  7. Tata Suara dan
  8. Editing
8 bidang ini adalah pilar bagi peserta didik agar belajar secara maksimal dibidang broadcast pertelevisian yakni membuat program acara televisi (Drama, Nondrama, dan News & Sport) bukan membuat pemancar televisi. 

Melalui Mind 8 Publishing House kami sedikit mengurai problematika SMK broadcast televisi dengan menerbitkan beberapa buku antara lain bisa dilihat di blog ini. Serta di bawah Mind 8 production bahu membahu untuk membuat workshop, pelatihan dan seminar tentang broadcast pertelevisian. Info lengkap ada blog ini pula. 


Redaksi MIND 8 Publishing House

15 comments:

  1. jujur ,, Saya adalah calon siswa smk jurusan broadcasting , sblumnya sya stngah hati untuk msuk dijurusan ini , karana yg saya mau jurusn multimedia , tpi setelah membaca ini ,, saya tdak stngah hati lagi untuk mn jdi siswa broadcast ,, :D makasiihhh

    ReplyDelete
  2. Jujur ,, sya adalah calon siswi jur,broadcast ,, sbnarnya sya stngah hati untuk memasuki jur.ini krn yg sya mau adalah multi ,,, tpi stlah liat web ini ,, sekarang sya jadi ingin dijurusan broadcast :) makasiiihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong di jawab donk kk jurusan broadcasting itu sulit gak sih? Pelajaranya itu seperti apa sih?maklum soalnya saya dari lulusan smkn 32 jurusan saya patiseri jadi masih kurang paham tetang broadcasting. Niatnya thn dpn mau lanjut kuliah di BSI ngambil jurusan ini

      Delete
  3. Dear Reynaldi aldi,

    sekolah dan kuliah di jurusan broadcast itu mengasikkan dan tidak sulit. Pelajaran yang disampaikan dalam dunia broadcast itu ada fotografi dasar, menulis naskah program tv, produksi/syuting program tv, mengedit program tv dan lain-lain. Untuk kampus broadcast banyak pilihan bisa BSI (khusus D3), IKJ, Mercubuana, UI, dan lain-lain...

    ReplyDelete
  4. Mau tanya dong kak kalo lulus smk broadcast langsung bisa kerja atau harus kuliah dulu #jawabea

    ReplyDelete
  5. Kak klo lulus smk ,jurusan broadcast langsung bisa kerja atau harus kuliah dulu #jawab eaa

    ReplyDelete
  6. Mau tanya dong kak kalo lulus smk broadcast langsung bisa kerja atau harus kuliah dulu #jawabea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Dafa,
      Itu semua tergantung kamu... lulus SMK langsung kerja bisa, kuliah dulu baru kerja juga bisa. Jika kamu berniat lulus SMK langsung kerja maka skill (keterampilan/keahlian) kamu dibidang yang kamu minati harus betul-betul kamu kuasai. Dan banyak ko yang lulus SMK Broadcast langsung kerja karena skillnya memang mumpuni...

      Delete
  7. kak kalo misalkan kita masuk smk jurusan broadcasting itu harus ditest dulu atau engga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti semua melewatii prosedur tes... jadi mulai sekarang belajar tentang broadcast agar tidak gagap pada saat tes masuk.

      Delete
  8. apa aja persayaratan masuk jurus broadcasting kak?

    ReplyDelete
  9. Apa aja yg hrs dipelajarin buat tes masuk?

    ReplyDelete
  10. memang menyenangkan masuk di dunia broadcasting

    ReplyDelete
  11. Mau nanya. Apakah tiap siswa harus punya kamera sendiri untuk masuk jurusan tp4/broadcasting?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga, yang penting niat yang kuat dan cita-cita yang tinggi.. karena banyak pilihan ketika kamu masuk jurusan Broadcast. Mau jadi apa itu terserah kamu..

      Delete