Tips Membuat FILM dengan kamera HP

Beberapa terakhir tahun ini banyak festival/lomba membuat film pendek dengan camera HP, even seperti ini diambil oleh beberapa provider yang memberikan kesempatan bagi para pengguna HP untuk bereksplorasi secara bebas yakni membuat Film dengan HP. Sayangnya dari kebanyakan mereka [provider:red] tak menjelaskan apa saja yang harus diperlukan pada saat membuat karya visual tersebut. Hingga akhirnya kualitas lomba yang diselenggarakan sia-sia dan tak bermanfaat bagi kebutuhan promosi yang sebenarnya, yakni ingin menggenjot penjualan "HP bundling" yang mereka jual/tawarkan. Pengguana HP di Inodensia kebanyakan juga tidak tahu, mereka hanya menggunakan tetapi tidak memperhatikan fungsi dan manfaatnya bagi si pengguna. "Asal keran.., asal bagus.., asal bisa buat nge-gaya..." mereka pun bangga. 

Mulai sekarang mari menjadi generasi berkualitas jangan mau jadi bangsa yang nomor dua, karena kebanyakan dari orang Indonesia asal bisa dilihat, dipakai dan digunakan ya sudah tak pernah mau melihat kulitas. Akibatnya para importir mempermainkan customer Indonesia yang cenderung bodah tapi sok tahu. Nah... tips berikut bisa Anda manfaatkan bila akan membeli peralatan gudget seperti Camera Video atau HP yang sudah beregenarasi menjadi sebuah kebutuhan. 

1. Perhatikan fitur Video

Media rekam audio visual pada prinsipnya terbagi menjadi 2 yakni: SD/SDTV [Standard-Definition Television] dan HD/HDTV [High Definition Television]. SDTV terbagi menjadi 2 yakni analog dan digital, meskipun dalam perkembangannya digital-lah yang banyak digunakan sebagai media rekam audio visual modern. Sedangkan format HDTV terbagi menjadi 


720p: memilik aspect ratio 1280X720 dan resolusi gambar 921,600 pixels per frame. Sedikit memberikan visual menyerepuai film look hingga mendapat sebutan "little bit of a film look".


1080i: dengan aspect ratio of 1920X1080 resolusi gambar 1,555,200 pixels per frame. 1080i memberikan visual dengan visual gambar yang sangat tinggi sebutannya "a very high-quality video look".

1080p: dengan aspect ratio of 1920X1080 dan resolusi gambar 2,073,600 pixels per frame. Merupakan format yang paling baru didesin khusus untuk menyamai camera film, sebutannya "a compete with film cameras".

Dibelakang resolusi terdapat huruf "i" dan "p", "i" berarti interlaced dan "p" berarti progressive. 


Dunia HDV kini merambah HP dan ini sudah berlangsung lama beberapa keluaran i Phone juga telah memberi fitur HDV, salah satu yang ingin saya bahas adalah produk HP keluaran Samsung i9100 Galaxy Sii dan yang terbaru sudah berseri Galaxy Siii. HP ini bahkan bisa digunakan untuk membuat film dokumenter atau iseng-iseng bikin video klip. Nah bagi Anda seoarang broadcaster dan pengguna multimedia gunakan HP yang telah mempunyai kualitas gambar HDV bukan SDV atau masih VGA. Salah satu ciri HP yang berfitur HDV ada digambar yang saya tandai. Silahkan selamat mencoba.



1 comment: