meta keyword --->

Tuesday 10 July 2018

TENTANG BUKU MANJADI BROADCASTER TV VOL. 2 (FORMAT DRAMA TV)


Ini adalah buku seri broadcast yang saya tulis untuk kebutuhan khusus bagi mereka para peminat di bidang pertelevisian, film, dan video. Sebagai upaya memajukan dunia broadcast televisi di Indonesia. Buku ini dengan sengaja penulis peruntukan bagi level pemula dan madya, ialah mereka yang sedang belajar pada jenjang SMK dan D3. Maka penyajiannya pun penulis ringkas dan langsung kepada inti masalah dengan harapan mereka mudah untuk mengikuti langkah demi langkah dari penjelasan di dalam buku ini.

Buku Menjadi Broadcaster TV 2 (Format Acara Televisi Drama) ini menyajikan pokok bahasan tahap praproduksi, tahap produksi dan tahap pascaproduksi sebuah konten televisi berformat drama tv. Di bab praproduksi penulis bahas sekilas film dan jenis-jenisnya yang sudah masuk era digital, bagaimana membuat desain produksi program dan acara televisi format drama. Juga teknik penulisan skenario film (drama tv) yang baik dan benar (dari membuat ide, basic story, treatment, sinopsis, skenario).

Pada bab produksi, mise en scene sebuah produksi yakni menjelaskan jenis-jenis peralatan produksi drama tv yang berbasis digital filmmaking, pengenalan istilah-istilah digital, pembahasan kamera film dan aksesorisnnya, tata kamera, tata cahaya, tata artistik dan tata suara. Sebagai literasi tambahan juga dijelaskan peran Sutradara dalam penggarapan program dan acara televisi.

Pada bab akhir yakni bab pascaproduksi, penulis jelaskan tahapan-tahapan editing drama televisi (film) secara detil dan sedikit tips yang bisa membantu para pembaca dalam mengatasi pasca prduksi.

Tidak hanya teori, buku ini juga menyajikan panduan yang bersifat praktik sehingga dapat digunakan oleh semua kalangan dengan mudah. Penyajian dalam buku ini, penulis membuatnya lebih ringkas, padat dan efektif dikarenakan menyesuaikan perkembangan industri Film, Video dan Televisi yang berkembang di Indonesia.

Sajian buku ini telah menyesuaikan perkembangan teknologi elektronika komunikasi dan infromasi hari ini dan perubahan industri konten siaran tv hari ini, siap tidak siap pada kenyataannya masih banyak orang belum memahami teknologi HDTV dan perubahannya.

TERMINOLOGI
Buku ini menyajikan banyak pengistilahan Film, Video dan Televisi yang tidak mudah untuk di Indonesia-kan. Karena penulis menyusun semua ini berdasar pada literasi yang hampir semuanya berbahasa asing, yang tentu sudah ada beberapa diserapkan ke dalam Bahasa Indonesia. Dunia Film, Video dan Televisi kita di Indonesia ini juga banyak terminologi yang lahir dari ke khasan yang kita miliki. Dan ini menjadi khasanah kekayaan ilmu pengetahuan yang kita miliki.


KESIMPULAN
Akhirnya memperbaiki Indonesia lewat cerita persoalan kualitas program dan acara televisi kita terletak bukan pada permintaan jam tayang yang tinggi sehingga Eksekutif Produser dan Produser rela mengejar rating program dan acara televisinya. Padahal letak kualitas konten/siaran televisi adalah pada kekuatan sumber daya alat diimbangi kedisplinan dan kreatifitas sumber daya manusianya, baik sebagai penggarap program dan acara tv atau sebagai penikmat acara. Agar menjadi maklum dan menjadi penyadaran bersama, bahwa televisi kita seperti telah mEnjadi makanan sehari-hari bagi generasi anak-anak kita, sejak saat itu kita harus mulai memilah dan memilih mana konten siaran televisi yang baik dan bermutu bagi kita.

Penulis
Anton Mabruri KN

DAFTAR ISI BUKU MENJADI BROADCASTER TV VOL 2






No comments:
Write komentar

Kamu tertarik dengan dunia BROADCAST TV, FILMMAKING, CONTENT CREATORS, MULTIMEDIA, dari kami?
Klik Subscribe untuk update !