AYO KURSUS KREATIF


alt/text gambar

Wednesday, 25 July 2018

Filled Under: , ,

TIPS MEMAKAI TRIPOD DENGAN BAIK

FOTO LITERASI MEDIA TIPS&TRIK



Ada 12 alasan kita membutuhkan tripod: memotret HDR, memotret dalam mode BULB dan long exposure lainnya, memotret landscape, indoor dan masih banyak kebutuhan lainnya disini. Kalau anda sudah memutuskan untuk menyisihkan waktu untuk memilih tripod, kepala tripod dan lalu membelinya, ada baiknya anda tahu beberapa cara memakai tripod dengan baik. Silahkan:




  1. Susunlah Komposisi Terlebih Dahulu. Karena menyiapkan lalu memasang tripod menyita waktu, pertimbangkan terlabih dahulu komposisi foto yang akan dibuat. Berjalanlah kebeberapa titik dan eksplorasilah subyek foto dari angle yang berbeda intiplah melalui viewfinder jika perlu) sampai anda puas baru tripod bisa diset.
  2. Carilah Permukaan Rata. Saat menggunakan tripod, carilah permukaan rata untuk pijakan kaki-kakinya sehingga membantu tripod lebih tenang, kokoh dan stabil. Jika memungkinkan, hindari permukaan yang gampang memantul seperti platform kayu/logam yang berada di dekat jalan (tripod pada jembatan penyeberangan hampir tidak berguna).
  3. Gunakan Serendah Mungkin. Saat memungkinkan, gunakan tripod pada posisi yang serendah mungkin dengan tanah sehingga meminimalkan vibrasi. Rentangan kaki-kaki tripod juga lebih lebar sehingga lebih kokoh.kolom-tengah-tripod
  4. Jangan Gunakan Kolom Tengah. Hindari menaikkan tiang tripod yang menyangga kamera karena akan membuat tripod lebih labil. Kalau butuh angle yang lebih tinggi, pindahkan posisi pemotretan.
  5. Jaga Level Keseimbangan. Pelat tempat kamera menempel sebaiknya selalu rata dan horisontal, gunakan gelembung yang biasanya ada di tripod untuk memeriksa level. Saat memotret di lereng/permukaan miring, pendekkan kaki yang ada di permukaan tertinggi dan usahakan dua kaki yang lain menjejak di sisi terendah untuk stabilitas maksimal.
  6. Kalau anda banyak memakai kamera di oriantasi portrait, gunakan Pelat – L untuk meningkatkan stabilitas.l-bracket-tripod
  7. Manfaatkan Tripod Collar Untuk Lensa Tele. Karena lensa tele dan super tele pasti berat, mereka bisa mengubah pusat kesetimbang tripod. Lensa ini biasanya dari sononya dibekali collar khusus, jadi manfaatkan untuk membantu tripod menjaga kestabilan.
  8. Kasih Pemberat. Tripod yang bagus biasanya diberi hook. Disaat yang kritis, hook ini bisa dikasih pemberat dengan tali untuk menambah stabilitas.hook

Meskipun memakai tripod tampak menjengkelkan dan memperlambat, yakinlah bahwa untuk banyak situasi mau tidak mau kita membutuhkannya untuk menghasilkan foto setajam mungkin. Lagipula, saat kita dipaksa untuk menyiapkan tripod beserta tetek bengeknya, kita ikut dipaksa untuk memikirkan komposisi foto dengan lebih maksimal. Selamat mengencani tripod anda.



Sumber Literasi : 
http://belfot.com/tips-memakai-tripod-dengan-baik/


==================
Sebelum kami memposting  ulang tulisan ini, kami menelaah sejauh mana tulisan dari www.belfot.com ini ditulis. Sebelum itu kami mohon ijin berbagi tulisan ini kepada komunitas blogger kami, sebagai bentuk berbagi pengetahuan yang cukup penting. Terima kasih sebelumnya kami ucapkan. Salam

mind 8 pro

AYO KURSUS KREATIF & MEMPERBAIKI INDONESIA

Kami adalah Lembaga yang bergerak (concern) di bidang Broadcast TV, Film/Video Production dan Multimedia yang telah berdiri sejak tahun 2005. HEAD OFFICE | Ruko Tran Depok Cyber Village No 26 Jl. Kebon Duren Kalimulya Depok Jawa Barat Tel. 021 2950 2660 WA 0813 1842 4488

0 komentar:

Post a Comment

 

Kami adalah Lembaga yang bergerak (concern) di bidang Broadcast TV, Film/Video Production dan Multimedia yang telah berdiri sejak tahun 2005:

  • Don't miss new post & info

    Subscribe here to get our newsletter in your inbox, it is safe and EASY!

    Copyright © MIND 8 PRO™ is a registered trademark.
    Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.