meta keyword --->

Thursday 2 August 2018

Trik Food Photography Smartphone

7 Trik Food Photography Smartphone

Bukan hal aneh lagi menjumpai sebagian besar orang yang selalu memotret makanannya sebelum dimakan atau bahkan kamu salah satunya? Hal itu sah-sah aja kok, tapi kadang foto yang kamu ambil tidak sesuai ekspektasi alias gak instagramable. Buat dapat foto makanan yang instagramable atau yang memiliki nilai seni bisa dibilang susah-susah gampang.
Kamu sering iri dengan hasil jepretan para food blogger yang sepotong aja bisa kelihatan indah? Gak perlu khawatir, bermodalkan kamera smartphone, kamu tetap bisa kok menghasilkan foto makanan yang menarik. Ini dia tujuh triknya.










1. Pencahayaan natural vs artificial



Pencahayaan adalah hal terpenting dalam memotret makanan. Dengan bermodalkan kamera smartphone sekali pun, kamu tetap bisa mendapatkan foto yang bagus jika sumber cahayanya sesuai. Salah satu sumber cahaya natural terbaik untuk foto makanan adalah dari jendela, pastikan cahaya datang dari jendela samping sebab akan memberikan efek sempurna untuk tekstur makanan.


Selain dengan menggunakan cahaya natural kamu pun dapat mencoba teknik pencahayaan artificial atau cahaya yang diciptakan sendiri. Kamu dapat menggunakan lampu LED yang diletakkan di sisi makanan atau tepat di atas makanan secara vertikal.

2. Memahami perspektif dengan baik.




Perspektif foto makanan pada umumnya dipotret dari sisi atas, namun ini tidak berlaku untuk setiap makanan lho. Jika makananmu terdiri dari beberapa bentuk misalnya cupcake maka memfoto dari atas akan memberikan efek tiga dimensi. Sedangkan jika objeknya berupa makanan di dalam mangkok maka memotret dari sisi kiri atau kanan bisa menjadi pilihan.

3. Penataan makanan




Penataan makanan adalah hal mendasar yang harus kamu pahami. Penataan makanan ini biasanya berhubungan dengan koordinasi warna, penyajian, hiasan dan latar belakang yang sesuai. Misalnya saja komposisi piring putih besar dengan hiasanya berwarna hijau yang selalu sesuai. Triknya yaitu perhatian diagram warna di atas untuk menentukan warna yang cocok dan yang berlawanan.

4. Kuantitas objek



Biasanya memperlihatkan satu porsi makanan untuk difoto lebih baik daripada memperlihatkan meja penuh makanan meski tergantung kondisi tujuan fotonya juga sih. Tapi dengan foto makanan yang ditata satu porsi akan memberikan kesan terlihat lebih enak dan menarik.

5. Kualitas objek




Kualitas objek jadi pilihan awal sebelum memulai kesukaanmu memotret makanan. Pastikan foto yang kamu bagikan memang objek makanan yang berkualitas alias enak. Sebab fotomu bisa saja berperan dalam menentukan opini publik.

6. Waktu yang sesuai



Sederhana saja, pastikan foto makananmu dalam keadaan panas atau baru saja disajikan.

7. Proses penyuntingan




Trik terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah sentuhan akhir atau proses penyuntingan. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang mudah dan memiliki hasil bagus seperti VSCOcam. Tapi ingat ya, proses editing hanyalah pelengkap akhir dan yang terpenting adalah hasil foto yang kamu peroleh.

Inget ya guys, practice make perfect, selamat mencoba!


Sumber Literasi : 
https://www.idntimes.com/tech/trend/andi-aris/bermodalkan-smartphone-ini-7-trik-food-photography-biar-fotomu-instagramable-1/full


==================
Sebelum kami memposting  ulang tulisan ini, kami menelaah sejauh mana tulisan dari www.idntimes.com ini ditulis. Sebelum itu kami mohon ijin berbagi tulisan ini kepada komunitas blogger kami, sebagai bentuk berbagi pengetahuan yang cukup penting. Terima kasih sebelumnya kami ucapkan. Salam

No comments:
Write komentar

Kamu tertarik dengan dunia BROADCAST TV, FILMMAKING, CONTENT CREATORS, MULTIMEDIA, dari kami?
Klik Subscribe untuk update !