Komputer untuk Video Editing

ilustrasi image
Bagi Anda para videographer terkadang mengeluh, mengingat kerja computer yang Anda gunakan untuk postproduction tak secepat yang biasanya begitu juga kualitas gambar yang dihsailkan tidak maksimal. Berikut tips menarik bagi Anda videographer sebelum membeli komputer berkemampuan editing. Ada 5 hal yang harus dijawab sebelum Anda membeli komputer rakitan sebagai video editing, pertanyaan itu antara lain:



  • Pakai PC atau Mac
  • Perhatikan Spek [spesifikasi] komputernya
  • Bagaimana cara Anda memindahkan video ke dalam computer
  • Memlih Software Editing
  • Membagi Video [distribute]



1. Memilih PC atau Mac
Perdebatan soal memilih PC atau Mac hingga kini masih menjadi pertimbangan utama, apalagi di Indonesia yang sejak awal komputer masuk yang kita kenal kebanyakan adalah PC bukan Mac. Baru setelah era 2003-an Mac mulai banyak dikenal oleh masyarakat awam, atau jangan-jangan Anda yang telah menekuni dunia videografi seperti video syuting tak mengenali apa itu Mac.

Selama ini berdasarkan pengalaman sebaiknya mulai sekarang untuk menekuni videografi gunakan Mac, pengalaman menunjukan baru Mac yang cara baca file video dan grafik itu benar [real time]. Ada banyak pilihan Mac mulai dari 21” hingga 24” dengan kisaran harga antara 13 juta – 20 juta. Spek didalamnya gunakan minimal Pentium 4 core i5 dengan RAM minimal 4G atau i7 RAM dengan 16G untuk harddiks minial 1 Terra atau 2 Terra serta Graphic Card minimal 1G.

2. Perhatikan Spek
Di poin 1 sudah disebutkan mengenai sedikit spek komputer. Yang berikutnya ada 5 faktor hardware yang penting untuk Anda perhatikan pada saat merakit komputer untuk video editing. 5 faktor itu antara lain: power CPU, memori RAM, hard drive / hard disk, kartu grafis, dan monitor.

Power CPU adalah kekuatan otak komputer itu sendiri, gunakan generasi Pentium i5/i7 sebagai processornya. Hal ini karena perkembangan teknologi software yang berkembang semakin baik diikuti perkembangan teknologi video yang makin canggih juga. Spek  Untuk RAM minimal 4G ini karena sebenarnya proses editing video itu memerlukan kerja ekstra bagi komputer tersebut. Hard disk juga menjadi hal yang utama, minimal Anda memiliki hard disk 1 T dan 1 T lagi eksternal hard disk. Kartu grafis (graphic card) menjadi penting karena ini akan membantu proses render pada saat editing video dilaksanakan, minimal kartu grafis juga mendukung 3D serta telah memiliki fitur HD [High Definition] dengan kecepatan memori 1 G minimal. Yang terakhir adalah monitor, disarankan sebaiknya monitor juga harus besar minimal 21” disamping itu Anda juga harus memiliki monitor review.

3. Proses pemindahan data [capture]
Biasanya diperlukan kartu [card] pada saat akan memindahkan data / mentrasnfer data video ke komputer paling minimal adalah fire wire meskipun banyak merk yang mengeluarkan seperti Pinecle, Avid, Edius dll. Intinya pemindahan data video ke komputer diusahakn real time agar hasilnya maksimal.

Teknologi sekarang memudahkan para videographer dalam mentrasfer data video ke komputer, hal ini karena sekarang telah banyak camcorder / kamera yang sudah memiliki spek HD dengan bentuk data digital.

4. Memilih software editing
Soft ware hal paling penting pada saat Anda akan melakukan edit video, penguasaan soft ware adalah faktor utama bila Anda menginginkan kualitas video yang baik. Terbagi menjadi 2 dalam pemilihan soft ware editing yakni kelas pemula [beginner] dan kelas professional. Untuk kelas pemula pilihannya mungkin ini: Adobe's Premiere Elements ($100), Nero's Multimedia Suite ($130), Cyberlink's PowerDirector ($70-$100) Sony's Vegas Studio ($95), Corel VideoStudio Pro X4 Introductory Editing Software ($80), MAGIX Movie Edit Pro 17 Plus ($100) or Pinnacle System's Studio Collection ($130) atau soft ware bawaan dari OS [Operation system].
Sedangkan untuk kelas professional Adobe Creative Suite 5.5 Production Premium ($1,699), Avid Media Composer ($2,495), Sony Vegas Pro 10 ($600) and Apple Final Cut X ($300).

6.Distribusi hasil akhir video
Pendistribusian hasil akhir video menentukan juga, editing sebagus apapun bila salah dalam mengeksport/distribute maka hsailnya juga tidak maksimal. Intinyna sesuaikan dengan keperluan yang Anda inginkan. Mengingat jaman sekarang semua produk video sudah banyak menggunakan teknologi HD maka pun Anda harus menyesuaikan, paling sederhana adalah diekspor ke DVD maka Anda memerlukan DVD burner. Mengingat teknlogi HD hanya bisa digunakan dengan Blue Ray maka Anda harus melengkapi HiDef Blu-Ray burner.

Bila Anda ingin berbagi lewat HP Android, You Tube atau file yang lebih kecil dan berkualitas maka diperlukan converter misalnya ArcSoft's Media Converter 7.5, Procoder Edius dapat Anda gunakan. 

oleh Anton Mabruri KN 

24 comments:

  1. Baik.. sama-sama semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  2. di cpu, procesor nya pentium i5, itu core duo.??

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum,

    saya mau nanya tentang spec sebuah CPU yg baik untuk edit foto dan render video yg paling cepat,juga agar photoshop tidak lelet waktu memotong foto yg besar pixelnya,

    Maaf, (bukan maksud apa2)..budget saya saat ini Rp.22.3 Juta,dengan uang segitu bisa tidak saya membeli ,
    1. Motherboard yang paling bagus merek apa untuk edit video ?
    2. Processor Jenis apa yg bisa ?
    3. Video card-nya harus berapa G ?
    4. Selain itu jenis hardware apa saja yg mampu mendukung agar kinerja render video saya bisa cepat dan maksimal

    untuk saat ini saya sudah punya di CPU terdahulu Hard disk 1 T dr seagate,AMD X6 processornya,video cardnya 2gb,VGA asus 4 Gb,namun waktu render video HD dan potong foto Widht 600 Hight 800,300 pixel perlu waktu 7+ menit,apalagi akalu ukuran sapnduk 400 pixel,bisa lebih 10 menit.

    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa

      Motherboard = Msi Mainboard Z170A GAMING M5
      processor = intel core i7
      VGA = Nvidia quadro 4000
      Memori ram = 64 gb

      Kenapa harus memilih Processor intel i7 Karna Agar rendel lebih cepat
      serta vga menggunakan Nvidia Quadro karna vga ini didesain untuk proses editing

      Delete
  4. Waalaikumussalaam...

    Pertama kami akan bilang wow... high budget kerja tak sesuai. padahal budget sebesar itu bisa kami rakitkan PC dengan performa baik (kompatibel). Dalam dunia videografi dan fotograi yang kita perlukan adalah kesesuaian (kompatibel) terkadang pada saat kita merakit PC untuk kebutuhan tersebut tidak sedikit kocek yang kita keluarkan hal ini karena ketidakpahaman dari si perakit komputer itu sendiri. Berbeda loh ya... PC Game dengan PC kebutuhan Editing Video & Photo.... spek tinggi tidak jaminan sebuah performa baik, itu tadi diperlukan kompatibilitas (kesesuaian) antar hardware.

    PC yang Anda sebutkan menurut kami body truk dipasang body kijang akhirnya lari pun tidak maksimal begitu istilahanya. Ulasan tips di atas yang kami tulis sudah cukup menjelaskan bagaimana sebuah kebutuhan PC editing dengan performa yang diperlukan. Kami sudah banyak mencoba dan pada akhirnya "maaf" prosesor seri AMD tidak rekomendasikan untuk mesin editing video, kami merekomendasikan tetap gunakan prosesor Pentium syukur-syukur generasi i7. Bila harus memilih antara Macintosh dan Microsoft windows kami sarankan Mac... dan sebagai catatan akhir teknologi zaman ini sudah menggunakan Full HDTV dan di negara Eropa dan Jepang sudah Ultra HDTV (4K).

    atau ada pendapat lain... monggo kami tunggu... selamat mencoba.

    Anda bisa kontak kami di 0815 1433 7380... nanti coba kami bantu

    ReplyDelete
  5. Mohon masukannya Mas,

    Kalau yang pabrikan kira2 rekomendasi pakai apa Mas?
    Soalnya untuk kantoran, takutnya ntar ribet di auditnya kalau yang rakitan.

    Tks berat

    ReplyDelete
  6. Kalau untuk pabrikan kami belum temukan performa PC sesuai kebutuhan video editing, kecuali Macintosh (Mac)... yang lain belum ada. Atau kontak kami saja biar kami buatkan harga penawarnnya..

    ReplyDelete
  7. info yang menarik Gan. thanks. sukses selalu

    ReplyDelete
  8. Thanks gan infonya, baru mau belajar editing neh...

    ReplyDelete
  9. ok... selamat berkarya Star Tonn dan Immer

    ReplyDelete
  10. laptop saya samsung dengan windows 7 mas,
    ram 4Gb (2,35 usable)
    system type 32 bit operating system
    prosesor AMD E-2 2000 APU with radeon HD grapic 1.75 GHz

    itu cocok na pake sofware apa ea mas, klw pake avid bisa gag

    ReplyDelete
  11. akang lebih maksimal mana nih kang hasil renderan pc atau mac, soalnya aku rada ragu kang aku udah koreksi colournya, tapi hasilnya masih kurang. aku pake pc i7 dengan sofware adobe cs.5

    ReplyDelete
  12. dear Dina,

    secara sistem kerja editing sebenarnya kami tidak pernah menyarankan menggunakan laptop kecuali laptop yang dirancang khusus untuk design grafis dan editing. Kedua sebaiknya jika ingin menggunakan komputer atau laptop untuk mengedit video dan film kami rekomendasikan menggunakan intel, di AMD biasanya tidak bisa kerja maksimal pada saat suhu prosesor mulai memanas dia akan mengalami kelambatan.

    Penggunaan Avid dan Premiere jelas berbeda, Avid jauh lebih membutuhkan spek tinggi.

    selamat mencoba

    ReplyDelete
  13. klo buat video paling nguras cari spek yg cocok buat rendering, makasih infonya . salam kenal

    ReplyDelete
  14. mohon bantuannya, saya ada budget 18 jt, tapi bingung antara milih PC rakitan atau ambil mac. kalau ambil imac, saya lihat VGAnya kecil. jadi apa lebih baik sya rakit atau ambil mac?

    ReplyDelete
  15. mohon bantuannya, saya ada budget 18 jt, tapi bingung antara milih PC rakitan atau ambil mac. kalau ambil imac, saya lihat VGAnya kecil. jadi apa lebih baik sya rakit atau ambil mac?

    ReplyDelete
  16. kalau make macintos tipr berapa yang cocok buat editing video......

    ReplyDelete
  17. Waduh...ternyata modalnya mahal juga yach
    paling ngakali cari kompi seken yg buildup min core i3 ^_^
    Lia Property Indonesia

    ReplyDelete
  18. salam kenal min...

    sy mengalami problem dgn laptop Asus ROG G551VW.206 yg sdh sy upgrade ke ram 16Gb & SSD evo 250Gb.
    jd total spek:
    intel core i7 6700HQ@2,6Ghz (8 CPUs) 2,6Ghz , ram 16Gb, vga nVidia GForcen GTX960M 12Gb, SSD evo 250Gb Samsung, HDD 1Tb WD,

    nah, dgn ini sy msh blm bs merender video adobe premier cs6.0 dari file dari drone resolusi 4K "TIDAK BISA LANCAR PREVIEW" (preview nya tersendat-sendat) sebelum di Render.
    klo nge-Render nya lumayan jalan lancar tp preview nya putus-putus.

    nah, apa yg perlu sy lengkapi ato saya lakukan agar bs lancar waktu editing..
    Mohon pencerahannya ya Min... thxu

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga,

      kalau diperhatikan dari spek.. itu PC Hebat, sayangnya spek yang tinggi itu tidak kamu imbangi dengan software yang pas dan sesuai juga. pertama OS yang digunakan bit ratenya mesti 64 hindari yang 32. kedua software editing kamu mestinya gunakan Adobe premiere CC... seri premiere 6 belum kuat untuk 4K.

      itu saja coba mudah-mudahan lancar..

      Delete