meta keyword --->

Saturday 27 October 2018

Air Terjun Madakaripura Gajah Mada Lumbang Probolinggo

Air Terjun Madakaripura – Jawa timur merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang menyimpan berbagai keindahan alam, salah satunya tersaji di kota Probolinggo yang terdapat sebuah air terjun bernama Air Terjun Madakaripura. Objek wisata yang satu ini cukup populer dikalangan masyarakat sekitar bahkan masyarakat luar kota, buktinya banyak yang berdatangan ke tempat wisata ini untuk menyaksikan secara langsung keindahan air terjun yang begitu eksotis.

Air terjun yang berada di alamat Dusun Branggah, Negororejo, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Suasana alaminya akan terlihat begitu sampai di lokasi karena air terjun ini berada diantara tebing-tebing hijau yang menjulang tinggi dan juga pengunjung dapat merasakan kesegaran air yang jatuh dari atas tebing.

Air terjun madakaripura dianggap memiliki cerita yang magis oleh masyarakat yang tinggal disekitar probolinggo dan cerita itu selalu ditularkan oleh pengunjung yang pertama kali datang ke lokasi tersebut. Dengan adanya cerita legenda yang ada di air terjun tersebut membuat suasananya berbeda namun tetap menakjubkan.

Kebanyakan orang merasakan ketenangan ketika pertama kali mendatangi tempat ini. Karena yang terdengar hanyalah derasnya cucuran air serta suara angin yang berhembus. Tentunya, merupakanntempat yang sangat cocok dikunjungi, jika ingin menenangkan diri ataupun mencari inspirasi terbaru. bahkan untuk pengunjung yang memilikiminat berfoto, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan objek, karna keeradaanya yang di kelilingi oleh bukit, sangat instagramable ataupun indah untuk dipublikasikan.

Dari cucuran air yang jatuh, akhirnya terbentuklah sebuah kolam yang ememiliki warna saphire. Tidak heran banyak orang yang ingin menikmati bermain air di kolam tersebut. Jika ingin explrasi lebih dalam, di balik air terjun utama konon terdapat sebuah gua. Namun untuk mencapainya pengunjung harus berenang  ataupun melewati bebatuan yang ada dipinggir tebing. Namun, penting untuk berhati-hati karena tempat ini tergolong licin dan memilki batu-batu tajam.

Harga Tiket Masuk:


  • Tiket masuk Rp.11.000/orang
  • Parkir Rp.3.000
  • Guide Rp.20.000-50.000 (anda bisa menawar)
  • Sewa payung Rp.5000
  • Sewa jas hujan Rp.5000  
Cara Menuju ke Air Terjun Madakaripura

Akses untuk menuju ke Air Terjun Madakaripura dapat ditempuh menggunakan Kendaraan Pribadi maupun Kendaraan Umum.


Namun disarankan menggunakan Kendaraan Pribadi, menyewa mobil ataupun mengambil Paket Wisata Gunung Bromo yang juga memasukan Air Terjun Madakaripura dalam paketnya jika tak mau repot-repot.

  • Rute Dari Surabaya Rute dari Surabaya bisa langsung menuju ke kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo via jalur Pasuruan-Probolinggo, dari kecamatan lumbang langsung menuju desa Negororejo tempat dimana objek wisata tersebut berada. Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat ketika sampai di pasar Lumbang. Atau lebih mudahnya silakan menyalakan GPS anda.
  • Rute Dari Terminal Bus Antar Kota Probolinggo Rute ini lebih nyaman karena memang sudah tersedia armada angkutan menuju ke lokasi objek wisata ini, para wisatawan bisa memilih angkutan jurusan Lumbang-Bromo dan turun di kecamatan lumbang lalu pindah angkot menuju lokasi Madakaripura.
  • Rute Dari BromoJ ika anda sedang melakukan perjalanan tour Bromo, anda bisa menanyakan kepada driver, maka driver akan mengantarkan anda ke tempat tersebut.


Tips Wisata ke Air Terjun Madakaripura:

  1. Jika Anda tidak ingin basah, jagan lupa untuk membawa payung atau jas hujan. Namun tidak perlu khawatir jika Anda tidak membawa atau lupa membawa, Anda dapat menyewa di kawasan wisata.
  2. Membawa pakaian ganti, untuk mengantisipasi pakaian yang Anda kenakan terlanjur basah.
  3. Gunakan alas kaki anti slip karena medan yang akan Anda lewati kondisinya licin
  4. Jangan ragu untuk menggunakan jasa pemandu, karena mereka lebih mengertahui medan yang aman untuk Anda lalui.
  5. Bawalah alat dokumentasi, namun Anda harus tetap berhati-hati saat membawanya dan lengakpi dengan pelindung anti air
  6. Jagalah kebersihan, jangan mengotori apalagi merusakan keindahan alam yang ada di kawasasn air terjun ini. Alam ini terlalu sayang untuk Anda rusak. Selamat berlibur di air terjun Madakaripura ini, dan nikmati setiap moment indah diberikan oleh sang pencipta
  7. Dan paling utama, jangan lupa berdo’a dan bersihkan hari dari niat jelak apapun.
  8. Jika Anda pertama kali mengunjungi air terjun Madakaripura berhati-hati terhadap oknum-oknum yang memanfaatkan lokasi tersebut. Misalnya jika Anda menggunakan sepedah motor dan memparkirnya di warung, maka setelah Anda kembali Anda akan diminta uang dengan alas an mereka telah mencuci motor Anda, padahal pada kenyataannya sepedah motor Anda hanya disiram dengan air saja.




Sumber Literasi : 
http://www.google.com

==================
Sebelum kami memposting  ulang tulisan ini, kami menelaah sejauh mana tulisan dari www.google.com ini ditulis. Sebelum itu kami mohon ijin berbagi tulisan ini kepada komunitas blogger kami, sebagai bentuk berbagi pengetahuan yang cukup penting. Terima kasih sebelumnya kami ucapkan. Salam

No comments:
Write komentar

Kamu tertarik dengan dunia BROADCAST TV, FILMMAKING, CONTENT CREATORS, MULTIMEDIA, dari kami?
Klik Subscribe untuk update !