meta keyword --->

Wednesday 5 December 2018

Berapa Banyak Besarnya RAM yang Diperlukan Untuk Video Editing


Kebutuhan RAM (Random Access Memory) dalam video editing sering sekali menjadi kendala dan menjadi pertanyaan terbesar dalam setiap kali saya jumpa di kelas, di workshop dan di dalam diskusi tentang audio visual. Artikel kali ini saya akan mencoba membawa kamu untuk mengetahui idealnya sebuah RAM diperlukan dalam video/film editing.

Beda RAM dan VRAM
Random Access Meomory (RAM) adalah memori utama dari sebuah komputer untuk merespon loading dari sistem operasi dan program. RAM menentukan sekali performa komputer yang kamu miliki untuk merespon semua program yang kamu jalankan, tak salah jika RAM yang kamu gunakan tidak ideal maka yang terjadi adalah lola (loading lama).

VRAM itu kependekan dari “Video RAM” yang mempunyai fungsi untuk membantu loading program dan menyimpan data video. Semakin banyak VRAM yang dimiliki komputer, semakin banyak gambar 2D dan 3D yang dapat ditampilkan sekaligus. Dan sebagian tugas berat seperti rendering video akan dibantu oleh video card (GPU). Ini juga merupakan salah satu komponen terpenting yang harus kamu dapatkan ketika membangun komputer editing yang kuat (powerful).


Faktor-faktor ang menentukan penggunaan memory
Setidaknya ada tiga faktor penting saat menentukan persyaratan memori RAM kamu secara keseluruhan.
(1) Program yang digunakan
Sebaiknya semua perangkat lunak memiliki persyaratan sistem minimum agar dapat berfungsi dengan benar. Sebagai contoh, persyaratan sistem untuk Premiere Pro CC (12.1.2) membutuhkan RAM minimum 8GB, dengan 16GB atau lebih disarankan. Komputer Anda harus mematuhi setidaknya persyaratan sistem minimum. Jika tidak, programnya tidak akan berjalan dengan baik.

(2) Program dibuka secara bersamaan
Memiliki lebih banyak RAM akan memungkinkan komputer Anda untuk bekerja dengan lebih dari satu program pada saat yang bersamaan. Beberapa program - seperti Adobe After Effects dan Google Chrome - membutuhkan cukup banyak RAM untuk bekerja, jadi semakin banyak program yang Anda buka secara bersamaan, komputer Anda akan menjadi lebih lambat.

(3) Jenis media
Bagi kami editor video, ini adalah faktor paling penting untuk kebutuhan RAM kami. Apakah kamu merekam dalam Full HD, 4K atau 8K? Jika kamu menggunakan camcorder profesional, ada pertanyaan lain yang lebih penting untuk ditanyakan: Berapa bit-rate yang kamu rekam? Kamera kamu akan memiliki banyak opsi berbeda untuk dipilih, masing-masing dengan bit rate yang berbeda, ukuran gambar, frekuensi gambar, dan sistem pemindaian. Jika Anda merekam pada resolusi tertinggi dan bit-rate yang ditawarkan kamera Anda, maka Anda mungkin benar-benar membutuhkan lebih banyak RAM untuk bekerja dalam pengeditan. Di bawah ini adalah tabel dengan jumlah RAM yang disarankan untuk digunakan tergantung pada video yang digunakan.

Jika kamu lebih banyak memerlukan motion graphic seperti partikel maka RAM yang tinggi mutlak diperlukan, sebagai contoh saat kamu mengopersaikan Adobe After Effect tentu lebih banyak memerlukan RAM.

Apakah RAM mempengaruhi kecepatan render?
RAM tidaklah mempengaruhi kecepatan render video, yang mempengaruhi adalah CPU dan GPU lah yang paling bertanggung jawab akan hal ini. Lalu mengapa jika komputer kamu tidak memiliki RAM yang tinggi - katakanlah 4GB - dan kamu meningkatkannya menjadi 16GB, kamu mungkin melihat perbedaan dalam kecepatan render. Ini terjadi karena komputer kamu akan dapat mengalokasikan lebih banyak sumber daya ke dalam memori RAM, membebaskan dan memungkinkan CPU dan GPU Anda memiliki lebih banyak sumber daya untuk bekerja lebih efisien. Tetapi coba jika kamu meningkatan RAM antara16GB hingga 64GB mungkin tidak membuat perbedaan dalam kecepatan render. Kelebihannya hanyalah akan dapat membuat render berjalan lebih longgar dan kamu masih dapat menggunakan program lain pada saat yang sama dengan mudah.

RAM tidaklah mempengaruhi kecepatan render video, yang mempengaruhi adalah CPU dan GPU lah yang paling bertanggung jawab akan hal ini.

Haruskah kamu meningkatkan/menambah RAM?
Sebelum kamu menambah RAM pastikan untuk mengevaluasi secara seksama ketiga faktor persyaratan memori keseluruhan yang disebutkan di atas. Kartu memori RAM bisa sangat mahal dan kamu kemungkinan besar tidak perlu menggunakan RAM maksimum untuk komputermu. Jika kamu harus memutuskan untuk meningkatkan, lihat daftar RAM yang disarankan di atas dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Ingatlah bahwa memiliki komputer dengan kartu video (Video Card) yang bagus (GPU), prosesor (CPU) dan penyimpanan (hard drive) bahkan lebih penting daripada membeli RAM yang berlebihan. Kamu juga perlu mengetahui Mother Board yang kamu miliki apakah juga telah mendukung kemungkinan up grading, sebab sekali lagi RAM yang tinggi belumlah mendukung penuh kinerja komputermu. Sebagai saran bila kamu ingin memutakhirkan secara keseluruhan mesin editing, belanjalah komputer yang memang telah siap untuk di-up grede hingga dalam jangka waktu yang cukup lama meskipun pemenuhannya mencicil (secara perlahan). Tapi manfaat jangka panjang masih dapat kamu gunakan.

=====
Redaksi Mind 8 Corp (AM)

No comments:
Write komentar

Kamu tertarik dengan dunia BROADCAST TV, FILMMAKING, CONTENT CREATORS, MULTIMEDIA, dari kami?
Klik Subscribe untuk update !