Monday, 11 December 2017

Cara Membuat Bahan Ajar Video dengan Gadget

Inilah tips dan trik yang Anda tunggu saat ini. Adalah bagaimana membuat bahan ajar dengan gadget yang kita miliki.

Perkembangan teknologi gadget (gawai) membuat semua seperti nampak lebih mudah, meskipun banyak sisi lain pula yang gaptek (gagap tekonologi) dan gapsep (gagap konsep). Jika kita lihat sudah banyak sekali bertebaran unggahan tutorial dari berbagai macam bidang dan dari berbagai macam cara. Tulisan ini akan mencoba menagajak Anda sekalian menjadi perancang juga sekaligus pembuat video bahan ajar bagi siswa/i, mahasiswa/i kita di lembaga pendidikan. Apalagi guru zaman now dituntut untuk mampu menerapkan sistem teknologi ke dalam kegiatan pembelajaran baik di sekolah atau di kampus.
Bagaimana memulainya?
DARI KONSEP
Berangkat dari konsep. Konsep yang Anda buat harus dipilih terlebih dahulu, bagian konsep mana yang mudah untuk divisualkan.

Triknya: JANGAN MEMAKSAKAN DIRI MEMVISUALKAN YANG ANDA SENDIRI TIDAK MAMPU MEMBUATNYA.

Misalnya Anda ingin membuat video pembelajaran anatomi tubuh manusia, kemampuan untuk membuat bahan ajar tersebut tidak mudah. Karena biasanya menggunakan visual 3D. Perlu dicatat, bahan ajar yang saya maksud di sini adalah masih bersifat sangat sederhana. Yang terpenting Anda tidak kesulitan dan yang lainnya benar-benar mengandalkan gadget harian yang kita miliki. Kita akan mengandalkan 3 unsur utama dalam multimedia antara lain: video, audio dan teks. Tiga unsur tersebut bila digunakan dengan baik akan menjadi bahan ajar yang menarik dan komunikatif. Untuk interaktif abaikan saja dulu, lain waktu kita bahas membuat bahan ajar yang interaktif.

PERALATAN PRODUKSI
Peralatan yang kita gunakan menggunakan smartphone baik IOS atau yang Android. Berikut ini akan saya bahas hal-hal yang diperhatikan pada saat memilih dan menggunakan smartphone.

KAMERA SMARTPHONE/GADGET LAINNYA
Resolusi Camera Video
Pilihlah smartphone yang sudah memiliki kualitas rekam video yang baik, yakni smartphone yang telah memiliki resolusi Full HD (1920 x 1080). Sudah ini tidak ada tawaran, sebab semua smartphone hari ini telah memiliki resolusi video yang bagus.

Camera sudah OIS
IS atau OIS adalah kependekan dari Optical Image Stabilizer, merupakan teknologi yang ditanam pada kamera untuk meminimalis guncangan sehingga lebih lembut gambar yang direkam. Teknologi ini penting, apalagi bila Anda masih pemula banget membuat bahan ajar tersebut.(Baca: Tips & Trik Vloging)

Perlatan Audio
Peralatan audio yang cukup simpel untuk Anda gunakan adalah clip on, sejenis kondeser mic yang dapat terpasang langsung ke objek (orang) yang ingin diambil suaranya. Ada pula yang langsung dengan menggunakan smartphone yang dipegang langsung mengarah ke mikropon smartphone.

Peralatan Penunjang
Peralatan penunjang tersebut antara lain: tripod, tongsis, camera stablization, dan lensa. Peralatan tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing tergantung dari situasi dan kondisi.
TIPS : Baca artikel nge-vlog yuk.
Lighting/Cahaya
Ada dua jenis cahaya dalam penggarapan yang Andak lakukan yakni available light dan artificial light. Yakni cahaya alami dan cahaya buatan. Cahaya alami biasanya cahaya matahari dan cahaya bulan, sedangkan artificial light adalah cahaya buatan. Anda dapat menggunakan jenis-jenis lampu LED baik yang spot light maupun floolight, tergantung dari kebutuhan yang ingin Anda garap.

Software Editing
Nampaknya jenis software (perangkat lunak) untuk mengedit video sangat banyak pilihannya. Yang terpenting Anda harus tahu terlebih dahulu video bahan ajar yang Anda rancang ini untuk memenuhi standar broadcast televisi atau hanya sekedar memenuhi konten web/blog yang Anda miliki.

Ada dua jalur yang bisa Anda lakukan pada saat mau mengedit A/V (Audio Video) yang Anda buat, melaui smartphone itu sendiri atau melaui PC yang Anda miliki. Saya kira kalau Anda kebutuhannya benar-benar untuk broadcast tv maka Anda bisa gunakan PC untuk mengedit dengan software pilihan antara lain: Final Cut Pro, Adobe Premiere cc, Avid Express, Edius dan lain-lain. Bila hanya untuk memenuhi konten blog/web Anda bisa gunakan smart phone Anda untuk mengedit A/V, dengan software pilihan antara lain: FilmoraGo, VivaVideo, Magisto, dan lain-lain banyak sekali jumlahnya jika di cari di Play Store.

Selamat mencoba.

Anton Mabruri KN - Penulis, Praktisi, Filmmaker, Broadcaster

No comments:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !