AYO KURSUS KREATIF


alt/text gambar

Thursday, 30 November 2017

Filled Under: , , ,

TIPS & TRIK VLOGING – MENGAMBIL GAMBAR AGAR TIDAK SHAKING

Broadcast Film TIPS&TRIK VIDEO
Tren-nya memang sekarang sebagian orang telah mengerti dan memahami apa itu vlog. Tren membuat vlog tumbuh cukup siginifikan bagi mereka yang hidup di kota-kota besar (walaupun riset tersebut tidak menggunakan data, tetapi kasat mata terlihat). Lihat kanan kiri sekitar kita sudah banyak orang membuat vlog tanpa tujuan dan arah yang baik. Pokoke ngrekam video

BAGAIMANA MEMBUAT VLOG YANG MAKSIMAL?

Saya tahu maksud pertanyaan tersebut adalah mengingikan agar video yang direkam tidak banyak goncang dan gambar tidak blur atau tidak fokus. Sepertinya dua dulu ya... yang harus saya bahas. Sebab nanti ada faktor lain seperti pencahyaan dan audio serta artistiknya.

Untuk menghasilkan gambar yang maksimal (tidak banyak guncangan dan tidak blur gambarnya) yang pertama harus kamu lakukan adalah, kamu mesti paham tipe kamera yang kamu gunakan pastikan di dalam kamera tersebut baik kamera poket atau kamera smartphone memiliki fitur IS dalam istilah lain OIS.

IS atau OIS adalah kependekan dari Optical Image Stabilizer, merupakan teknologi yang ditanam pada kamera untuk meminimalis guncangan sehingga lebih lembut gambar yang direkam.

“Dalam istilah filmmaking dan broadcast tv gambar yang banyak guncangan sering disebut dengan gambar shaking. Jenis aliran gambar ini banyak digunakan oleh para filmmaker yang beraliran cinema virate. “

Okay saya akan bocorkan beberapa tipe smartphone yang sudah tertanam teknologi OIS atau IS. Dari yang kelas high sampai kelas midle saja, biasanya untuk kelas low maaf belum tertanam dan saya sampai saat ini belum menemukan smartphone dengan harga low yang tertanam OIS/IS. “mahal dikit tapi kamu jadi senang, ya kelas midle” hehhee..

Smartphone tersebut adalah : Samsung seri Galaxy A5 dan A7 2016, Galaxy S7, I phone 6 Plus, LG G3, Lenovo Vibe Z2 Pro, OPPO F3 Plus dan masih banyak lagi.

Sudah tahun kan? Mana smartphone yang sudah tertanam teknologi OIS/IS, saya sendiri tertarik dengan Samsung Galaxy seri A5 dan A7 2016 (ini berlaku untuk semua seri tersebut ke atas) selain bagus harganya untuk kelas midle cukuplah.

Dengan terjawabnya OIS/IS maka terjawab sudah pertanyaan kedua yakni gambar tidak blur dan tidak fokus. Kamera pada smartphone yang belum tertanam teknologi OIS/IS ketika mengambil gambar dengan daya gerak yang tinggi akan menghasilkan gambar yang guncang (shaking). Jika smartphone dengan kamera yang telah tertanam tekonlogi OIS/IS dipastikan gambar blur dan tidak fokus akan terbantu, nah... jika kamera tersebut tidak tertanam teknologi tersebut ya sudah jangan salahkan pacar kamu kalau gambarnya blur.. hehehhe..

Bagaimana sudah tahu kan sekarang, bagaimana membuat vlog yang maksimal.


Anton Mabruri - Praktisi Brodcast tv, filmmaker, dan penulis

mind 8 pro

AYO KURSUS KREATIF & MEMPERBAIKI INDONESIA

Kami adalah Lembaga yang bergerak (concern) di bidang Broadcast TV, Film/Video Production dan Multimedia yang telah berdiri sejak tahun 2005. HEAD OFFICE | Ruko Tran Depok Cyber Village No 26 Jl. Kebon Duren Kalimulya Depok Jawa Barat Tel. 021 2950 2660 WA 0813 1842 4488

0 komentar:

Post a Comment

 

Kami adalah Lembaga yang bergerak (concern) di bidang Broadcast TV, Film/Video Production dan Multimedia yang telah berdiri sejak tahun 2005:

  • Don't miss new post & info

    Subscribe here to get our newsletter in your inbox, it is safe and EASY!

    Copyright © MIND 8 PRO™ is a registered trademark.
    Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.