meta keyword --->

Wednesday 28 November 2018

Cara Melakukan Live Streaming (lifecasting)

Dalam produksi video (audio visual) hal yang paling esensial adalah bagaimana kita merencanakan dan mempersiapkannya dengan cukup matang. Apalagi kamu memang ingin melakukan live streaming suatu video. Di artikel ini secara singkat akan saya bahas beberapa hal yang kudu kamu siapkan sebelum melakukan live streaming. Aktifitas ini banyak dilakukan oleh kamu yang sengaja ingin menyebarluaskan sebuah konten audio visual ke khalayak ramai, atau sebatas pada komunitas tertentu.

Meskipun di dalam buku Manajemen Produksi Program Televisi saya menulis bagaimana cara kamu melakukan proses penggarapan produksi program tv mulai dari praproduksi – produksi – pascaproduksi. Dan cukup detil saya menjelaskannya di sana. Kali ini, dalam sebuah artikel berikut saya akan mencoba membahas “cara melakukan perencanaan live streaming”.

Buatlah Shooting Script 
Di dalam shooting script ini sebenarnya kamu harus mengupayakan (baca: menuliskan) unsur audio dan visual yang akan dilihat dan didengar oleh para penonton. Naskah atau shooting script adalah pondasi awal (blue print) dalam menggarap konten video (audio visual) apa pun jenis formatnya, para pemula kadang bahkan mengabaikan shooting script. Bagi mereka yang terpenting syuting dan syuting. Naskah ini biasanya memuat panduan visual (video) dan panduan lisan (audio) atau bicara juga dilengkapi dengan panduan action/gerakan bagi si pengisi acara dalam hal ini live streaming.
Sebagai tambahan buatlah shooting script fokus pada topik yang akan dibahas, agar pembahasan tidak melebar. Baca : PANDUAN MENULIS NASKAH DUA KOLOM (STORYLINE)

Buatlah Schedule
Jauh sebelum kamu membuat script sebenarnya kamu telah membuat jadwal kerja yang biasanya meliputi : penentuan produksi, kapan siarannya?, temanya apa?, siapa saja yang terlibat dalam produksi, durasinya berapa lama, dan lokasinya di mana?

Kesemuanya dapat kamu buat secara sederhana tidak perlu rumit. Yang terpenting semua crew yang terlibat tahu dan mengerti.

List kebutuhan alat
Mengacu pada script atau konsep maka kamu juga akan bisa menentukan peralatan yang diperlukan pada saat melakukan live streaming. Peralatan-peralatan yang lazim digunakan (chek list) antara lain:
1. Cemara
2. Tripod
3. Microphone
4. Lighting
5. Cables
6. Props

Camera
Akan lebih mudah bila kamu melakukan live streaming langsung menggunakan kamera built in, maksudnya kamera yang telah tersedia pada gawai (gadget) yang kamu gunakan. Misalnya menggunakan laptop, beberapa laptop telah terpasang webcams, atau menggunakan kamera smartphone pun terkadang kamu dapat menyiarkan langsung. Tetapi bila Anda ingin mengunakan kamera smartphone sebagai ekternal kamera kamu cukup menyambugkannya ke laptop atau PC dengan kabel USB.

Bila kamu menggunakan ekternal kamera profesional, biasanya kamu cukup mengkoneksikannya dengan kabel HDMI, VGA, atau SDI ke dalam komputer. Untuk live streaming dengan multicam kamu memerlukan alat tambahan yakni video mixer atau switcher, nah dari switcher akan dapat langsung dihubungkan ke PC melalui kabel USB. Hal ini pula yang sering dilakukan oleh stasiun televisi besar melaui ruang kendali siar (master controle room).

Tripod
Tripod jelas diperlukan pada saat melakukan live streaming, apalagi bila kamu menggunakan ekternal kamera profesional atau smartphone, tripod mutlak diperlukan.

Microphone
External microphone tentu akan lebih disarankan, agar audio yang kamu hasilkan maksimal. Jenis-jenis microphone yang dapat gunakan lavalier mic (clip on), shotgun mic atau bahkan handheld mic.

Lighting
Penerapan lighting minimal kamu menerapkan three-point lighting. Pencahayaan saat ini juga tidak terlalu rumit, mengingat telah banyak jenis lampu LED yang diproduksi selain terjangkau juga lebih efektif. Sebab LED memiliki catu daya yang rendah, kulitas pencahaan tetap baik.

Cables
Beberapa kabel yang harus dipersiapkan antara lain : kabel koneksi dari kamera ke PC/Laptop sudah disebutkan di atas, berikutnya kabel koneksi internet jika memang menggunakan jaringan internet.

Props
Properti yang kamu siapkan sesuaikan kebutuhan naskah, di dalamnya juga termasuk make up, hair do, dan wardrobe.

Menyiapkan Jaringan Streaming
Live streaming memerlukan jaringan internet dengan bandwidth besar tidak sekedar jaringan, butuh kecepatan maksimal agar program audio visual yang kamu pancarluaskan terlihat maksimal. Memastikan pula bahwa jaringan internet baik kabel atau nirkabel benar-benar kuat dan tidak putus nyambung.

Memilih platform 
Banyak platform live streaming yang disediakan oleh media sosial misalnya : YouTube, Facebook, dan Instagram. Pemilihan platform sebaiknya yang kamu pertimbangkan adalah jumlah pengikut yang ada di sosmed. Makin banyak pengikut, makin cepat tersebar live streaming yang kamu lakukan. Saya akan coba bahas kelebihan-kelebihan dari platform yang ada.

YouTube – pengguna terbesar YouTube biasanya adalah mereka para kreator kreatif mulai dari gamers, life casting/live podcast, live news, dan topik-topik lainnya. YouTube juga menyediakan fasilitas upload video yang dapat dimanfaatkan sebagai VOD (Video On Demand). Kesemuanya tergantung dari keterlibatan subscribers, sebagai penonton/pelanggan setia YouTube-mu.

Facebook – sedangkan facebook adalah media sosial terbesar saat ini, fasilita live streamingnya bisa menggunakan personal profile atau fanepage yang disediakan facaebook. Sejak FB menyediakan FB ads kamu dapat dengan mudah mempromosikan produk atau hasil kreasi audio visual yang kamu ciptakan dengan hanya mengiklankannya di Facebook ads, dengan biaya yang bermacam-macam sesuai jangkauan penyebarannya.

Instagram –  walaupun IG lebih fokus pada berbagi picture (foto dan gambar), namun menyediakan live streaming bagi para penggunanya. Bahkan IG terlihat lebih bergengsi, sebab penggunanya kebanyakan dari kalangan actors, musicians, sports personalities, vloggers and journalists.

Terakhir "test all systems before going live." Hal ini bertujuan untuk meyakinkan bahwa sinyal/jaringan internet yang kamu gunakan cukup baik, hal ini demi kelancaran live streaming yang kamu lakukan.

======
Redaksi Mind 8 Corp.

No comments:
Write komentar

Kamu tertarik dengan dunia BROADCAST TV, FILMMAKING, CONTENT CREATORS, MULTIMEDIA, dari kami?
Klik Subscribe untuk update !