meta keyword --->

Sunday 12 January 2020

Peralatan Utama Andriod Smartphone Filmmaking


Hmmmm.... Smartphone Android sering dianggap sebelah mata oleh pengguna iPhone filmmaking, padahal sebenarnya mereka berdua bisa dinggap pula sepupu berbeda kelas untuk pembuatan film. Tapi bukan soal kelas yang saya akan bahas. Sejujurnya Anda juga dapat membuat film hebat dengan Smartphone Android yang Anda miliki. Dengan memiliki kamera standar API (API adalah American National Standards Institute (ANSI) standard yang terakreditasi untuk pengembangan organisasi) jika di Indonesia SNI, sebagian jenis camera smartphone baru ini sekarang telah menggunakan aplikasi kamera video profesional seperti Filmic Pro.

Tetapi membuat film yang bagus juga memerlukan aplikasi/peralatan kamera video yang bagus/hebat juga. Peralatan tersebut antara lain : Mikrofon, lampu, rig kamera, tripod, gimbal adalah beberapa peralatan yang mungkin perlu Anda beli/miliki untuk membuat film profesional.

Dahulu, peralatan seperti itu mahal tetapi seiring berkembangnya teknologi hari ada beberapa alternatif dan sudah murah yang bisa Anda beli untuk meningkatkan pembuatan smartphone film Anda, tentu dengan tidak harus mengorbankan kualitas juga. Banyak pilihan dengan anggaran yang dapat disesuaikan untuk Smartphone Android Anda.

Peralatan smartphone filmmaking di Indonesia jauh lebih susah untuk mencari standar seperti di Eropa, yang sudah compact dan teruji. Tentu yang akan saya ulas adalah yang memang terdapat di beberapa toko di Indonesia, dengan tujuan agar mudah mendapatknnya.

Rig Smartphone
Saya mulai dari rig, yakni sejenis alat penyangga smartphone yang tujuannya untuk membantu memudahkan Anda dalam membidik gambar baik steady shot atau hendheld.



Ada dua jenis seri untuk rig tersebut, Anda dapat cek harga pada tautan di bawah ini
Adaptor Tripod
Selain Anda memerlukan rig, dalam kelengkapan smartphone filmmaking ini Anda juga memerlukan satu peralatan yang juga berfungsi untuk menopang smartphone yang Anda miliki. Alat tersebut adalah adaptor tripod.




Lighting
Lighting atau pencahayaan salah satu fungsinya ialah membangun mood dari gambar yang Anda ambil, fungsi utamanya tentu untuk menerangi objek yang kita ambil. Ada banyak jenis lighting yang bisa Anda beli, tetapi ada beberapa yang bisa Anda miliki dengan harga relatif murah.





Jenis lighting smartphone yang bisa Anda gunakan adalah :
Peralatan Audio Portabel
Keberadaan audio sering kali dilupakan betapa pentingnya suara yang direkam, padahal gambar yang bagus tanpa suara yang menunjang tidak akan menghasilkan emosi yang kuat dalam sebuah karya yang kita garap. Terdapat dua jenis peralatan audio yang bisa kita upayakan, yakni audio dengan kabel dan audio dengan tanpa kabel (wireless).

Seri BOYA BY-MM1 


Cek Harga di sini

Dan Wireless Boya BY-WM4

Cek Harga di sini

Keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni merekam suara dari pemain, atmosfer, dan ambience yang kita inginkan. Untuk harga juga relatif terjangkau.

Tripod dan atau Monopod 
Fungsi peralatan ini adalah membantu pengambilan gambar agar tak terlalu goncang, apalagi kamu benar-benar pemula filmmaker. Sangat disarankan untuk menggunakan tripod pada saat mengambil gambar. Hari ini banyak tripod yang juga dapat digunakan untuk monopod, sehingga kamu tak perlu mengeluarkan ekstra biaya untuk membeli tripod dan monopod.


oleh Mahapatih Anton 

No comments:
Write komentar

Kamu tertarik dengan dunia BROADCAST TV, FILMMAKING, CONTENT CREATORS, MULTIMEDIA, dari kami?
Klik Subscribe untuk update !